Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mentan Berikan Alsintan & Benih Gratis di Gorontalo

Menteri Andi Amran Sulaiman memberikan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) dan benih secara spontan kepada petani di Provinsi Gorontalo.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 16 Maret 2016  |  23:59 WIB
Ilustrasi petani sedang menanam padi - Reuters
Ilustrasi petani sedang menanam padi - Reuters

Bisnis.com, GORONTALO - Menteri Andi Amran Sulaiman memberikan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) dan benih secara spontan kepada petani di Provinsi Gorontalo.

Mentan melakukan panen raya jagung di Kabupaten Gorontalo Utara dan panen raya padi di Kabupaten Bone Bolano. Dalam kesempatan itu, Amran berdialog dengan beberapa petani, tenaga harian lepas, (THL), dan babinsa setempat.

Para petani, THL, dan babinsa pun meminta adanya bantuan alat pertanian. Amran menjanjikan memberi 26 unit alsintan untuk Gorontalo Utara dan Bone Bolango.

"Saya akan beri traktor tangan dan benih untuk meningkatkan produksi, sehingga menaikkan kesejahteraan," tuturnya saat berdialog dengan para petani pada Rabu (16/03/2016).

Terhadap permintaan seorang babinsa yang juga petani yang meminta kendaraan roda sebagai sarana transportasi untuk meninjau daerah pertanian yang berbukit, Amran justru memberi hand tractor dan benih gratis kepadanya. "Nanti produksi bapak akan meningkat. Hasil keuntungan yang didapat, bisa buat beli motor baru."

Berdasarkan angka sementara dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi jagung di Provinsi Gorontalo mencapai 643,512 ton dari luas lahan 181,214 Ha dengan produktivitas sebesar 4,98 ton/Ha.

Ekspor jagung ekspor Gorontalo memiliki kontribusi signifikan pada ekspor jagung nasional yang mencapai 123.000 ton. Sementara produksi padi di Provinsi Gorontalo mencapai 331.220 ton dengan rata-rata produktivitas 5,55 ton/a atau naik 5,24% dari 314,704 ton pada 2014.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentan benih gorontalo alsintan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top