Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Tol Suramadu Beroperasi, Kini Tinggal Tiga Kapal yang Berlayar

Jumlah perusahaan pelayaran yang beroperasi di rute Ujung (Surabaha) – Kamal (Madura) sekarang hanya tiga. n
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 14 Maret 2016  |  17:27 WIB
Setelah Tol Suramadu Beroperasi, Kini Tinggal Tiga Kapal yang Berlayar
Jembatan Suramadu - Bisnis.com/Peni Widarti
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA—Jumlah perusahaan pelayaran yang beroperasi di rute Ujung (Surabaha) – Kamal (Madura) sekarang hanya tiga. 

Khoiri Soetomo, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Jawa Timur menyebutkan mereka adalah PT ASDP Indonesia Feri yang mengoperasikan KMP Gajah Mada dan KMP Tongkol. 

Selain itu ada PT Darma Lautan Utama yang mengopersikan KMP Joko Tole, dan PT Jembatan Nusantara yang mengoperasikan KMP Selat Madura 1. 

“ASDP Sudah nyatakan mereka setiap tahun merugi Rp15 miliar, dengan Rp8,5 miliar untuk dua kapal. Pemerintah bisa hitung sendiri dari asumsi ini saja berapa yang bisa disubsidi untuk kapal, setidaknya untuk tiga kapal,” tutur Khoiri menjawab Bisnis, Senin (14/3/2016). 

Kepala PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Tanjung Perak Surabaya Elvi Yoza mengaku semakin terbebani dalam mengoperasikan penyeberangan Ujung – Kamal. Sejalan dengan penurunan penumpang maka operasional rute inipun tambah sepi. 

Perseroan meminta pemerintah daerah berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar segera mencarikan solusi bagaimana seharusnya Ujung – Kamal diperlakukan. Jika terus seperti ini, mau tak mau ASDP kemungkinan akan menutupnya. 

“Kami bertahan sejak 2010, sampai sekarang itu hidup segan matipun tak mau. Kalau ditanya kepada kami, ya kami maunya sudah ditutup saja. Tapi bagi masyarakat tidak demikian. Secara prinsip kami tidak tega ini ditutup,” ucap Elvi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top