Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Jurus Taxi Express Melawan Ojek Online

PT Express Transindo Utama Tbk berencana menggandeng 4-5 operator taksi untuk terhubung dengan aplikasi pemesanan taksi My Trip yang dikembangkan anak usaha perseroan.
Taksi Express. /
Taksi Express. /
Bisnis.com, JAKARTA -- PT Express Transindo Utama Tbk berencana menggandeng 4-5 operator taksi untuk terhubung dengan aplikasi pemesanan taksi My Trip yang dikembangkan anak usaha perseroan.
 
David Santoso, Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis Express, mengatakan My Trip akan menjadi wadah operator taksi dalam meningkatkan standard layanan dan keamanan.
 
"Ini bukan hanya Express, My Trip adalah wadah bersama bagi seluruh angkutan umum yang resmi, bukan yang ilegal. Lebih baik kan bersama-sama daripada investasi sendiri-sendiri," jelasnya kepada Bisnis.com, Kamis (10/3/2016).
 
Dia menambahkan, saat ini ada 4.000 Express yang terhubung dengan My Trip. Di kuartal II 2016, perusahaan berkode emiten TAXI itu menargetkan sebanyak 10.000 armada sudah bisa melayani pemesanan taksi lewat aplikasi My Trip.
 
Sementara itu, jika 4-5 operator taksi lain bergabung, jumlah armada yang terhubung dengan My Trip bisa mencapai 20.000. "Kami ingin ini menjadi solusi transportasi, baik untuk angkutan penumpang maupun angkutan barang," jelas David.
 
Fitch Rating dalam laporan yang dikutip Bisnis.com melansir, kehadiran jasa transportasi berbasis aplikasi online seperti Uber, Gojek, dan Grab telah mengurangi daya tarik model bisnis berbasis kemitraan milik Express.
 
Akibatnya, tingkat utilisasi armada Express turun sehingga berimbas pada pendapatan harian pengemudi. Margin kotor Express pun mengalami penurunan dari 44% pada September 2014 menjadi 33% pada September 2015.
 
Untuk menggenjot jumlah pengguna, David menyebut mulai Jumat (11/3/2016), My Trip akan memberikan promo dalam bentuk free ride. Pengguna akan mendapat voucher gratis dengan nominal tertentu yang bisa digunakan untuk membayar pesanan taksi.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper