Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Blok Masela: Kata Jokowi Masih Butuh Waktu

Pemerintah masih butuh waktu untuk memutuskan skema kilang gas alam cair (liquified natural gas/LNG) di Lapangan Abadi, Blok Masela, Maluku.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah masih butuh waktu untuk memutuskan skema kilang gas alam cair (liquified natural gas/LNG) di Lapangan Abadi, Blok Masela, Maluku.

Presiden Joko Widodo mengatakan, proyek Abadi Masela merupakan proyek besar, dan jangka panjang yanh masih dalam proses studi.

Investor, lanjutnya, akan memberi keputusan final investasi (final investment decision/FID) pada 2018.

"Oleh sebab itu, kita memerlukan waktu untuk memberi peluang kepada investor darat atau di laut. Offshore atau onshore. Segera dirampungkan," katanya usai mengikuti penandatanganan kontrak kegiatan strategis tahun anggaran 2016 Kementerian ESDM, Senin (29/2/2016).

Presiden menambahkan, yang paling penting proyek itu harus bermanfaat bagi pengembangan regional Indonesia bagian timur. "Jangan sampai diambilin, rakyat di sekitar nggak ada manfaatnya. Itu desain yang saya minta ke menteri ESDM atau Bappenas," jelasnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, keputusan rencana pengembangan (plan of development/POD) harus diputuskan saat ini.

"Kalau POD tidak diputuskan saat ini, maka lupakan FID pada 2018 karena akan mundur," katanya.

Dia mengungkapkan, skema kilang LNG darat atau laut tersebut akan tercantum dalam revisi POD. Dia meminta agar semua pihak menunggu keputusan skema kilang LNG yang akan diambil oleh Presiden. "

Kita tunggu saja, apa keputusan Pak Presiden," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper