Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Dukung Jokowi Soal Blok Marsela

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung Presiden Joko Widodo segera memutuskan proyek Blok Masela di Laut Arafura, Maluku untuk menjaga iklim investasi yang kondusif.
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung Presiden Joko Widodo segera memutuskan proyek Blok Masela di Laut Arafura, Maluku untuk menjaga iklim investasi yang kondusif./Bisnis
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung Presiden Joko Widodo segera memutuskan proyek Blok Masela di Laut Arafura, Maluku untuk menjaga iklim investasi yang kondusif./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung Presiden Joko Widodo segera memutuskan proyek Blok Masela di Laut Arafura, Maluku untuk menjaga iklim investasi yang kondusif.

Ketua komite Tetap Hubungan Kelembagaan dan Regulasi Migas Kadin Indonesia Firlie Ganinduto di Jakarta, Minggu (28/2/2016) mengatakan saat ini, seluruh pemangku kepentingan industri migas di dunia mengikuti perkembangan proyek Masela.

"Pengembangan Masela ini akan menjadi 'benchmark' (acuan) investor dunia. Hasil yang buruk terhadap proyek ini akan memberikan dampak yang negatif terhadap iklim investasi dan industri dalam negeri termasuk penunjangnya," katanya.

Menurut dia, kalau pemerintah tidak cepat mengambil keputusan, maka Indonesia bisa kalah bersaing dengan Vietnam atau Myanmar.

Iklim investasi, lanjutnya, akan terganggu akibat ketidakpastian kebijakan pemerintah dalam pengambilan keputusan soal Masela.

"Industri migas nasional sekarang lagi mengalami masa terpuruknya. Di luar harga minyak yang rendah, kepastian hukum di Indonesia juga rendah dengan belum direvisinya UU No 22 Tahun 2001 tentang Migas. Ditambah lagi kegaduhan di pemerintahan dengan adanya tarik menarik kepentingan. Ini membuat investor ragu-ragu untuk menanamkan modalnya," ujarnya.

Firlie menambahkan Kadin Indonesia akan mendukung apapun keputusan pemerintah.

"Kedua opsi Masela pasti ada positif dan negatifnya. Namun, yang pasti, dari kedua opsi tersebut, ekonomi dalam negeri pasti akan bergerak," ujarnya.

Paling penting, tambahnya, adalah bagaimana proyek masela bisa bermanfaat bagi ekonomi dalam negeri dan peran Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas untuk mengawasi dan memastikan penggunaan barang dan jasa dalam negeri.

Pada Sabtu (27/2), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan Presiden Joko Widodo akan mengambil keputusan terbaik soal Masela yang memberi manfaat maksimal bagi masyarakat Maluku, Indonesia, dan banyak pihak lainnya.

Menurut dia, saat ini, pembahasan soal pengembangan Masela masih terus dilakukan pemerintah.

Keputusan pengembangan Blok Masela akan dilakukan sendiri oleh Presiden mengingat nilai investasi dan dampak yang besar.

Meski, sesuai regulasi, pengembangan suatu blok migas sebenarnya cukup diputuskan oleh Menteri ESDM.

Presiden akan memutuskan apakah pengembangan Masela itu memakai skema kilang terapung (floating liquified natural gas/FLNG) atau darat (onshore liquified natural gas/OLNG).

Kedua skema tersebut mempunyai plus dan minus masing-masing.

Blok Masela dikembangkan kontraktor asal Jepang, Inpex Masela Ltd yang sekaligus sebagai operator dengan kepemilikan partisipasi 65 persen dan Shell Corporation mempunyai 35 persen.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper