Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Seperti Alibaba, MatahariMall Sambut Baik Investasi Asing

Mataharimall.com menyambut baik wacana pemerintah yang berencana membuka investasi di bidang usaha untuk kategori marketplace pada e-commerce sebesar 100% terhadap kepemilikan saham asing.
mataharimall.com/Ilustrasi-screenshot
mataharimall.com/Ilustrasi-screenshot

Bisnis.com, JAKARTA - Mataharimall.com menyambut baik wacana pemerintah yang berencana membuka investasi di bidang usaha untuk kategori marketplace pada e-commerce sebesar 100% terhadap kepemilikan saham asing.

John Riady, Direktur Eksekutif Lippo Group, mengemukakan pembukaan investasi asing tersebut sangat dibutuhkan oleh pemain e-commerce lokal di Tanah Air untuk mengembangkan bisnisnya ke ranah global, sehingga dengan demikian pemain e-commerce lokal dapat bersaing dengan pemain e-commerce asing seperti Alibaba pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dewasa ini.

Menurut pria yang akrab disapa John itu, salah satu cara untuk mengembangkan bisnis e-commerce agar dapat meroket ke kancah dunia adalah dengan adanya kucuran dana dari investor asing seperti yang dilakukan e-commerce asal Cina yaitu Alibaba yang bisa menjadi besar karena mendapatkan sokongan dana dari negara lain seperti Jepang dan layanan pencarian Yahoo.

“Kami menyambut baik ini ya, karena persaingan pada dunia e-commerce akan semakin besar lagi. Kami mendukung kok, kalau pemerintah mau membuka DNI ini,” tuturnya usai meresmikan kantor baru Mataharimall.com di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

John mengakui beberapa waktu lalu pihaknya juga sempat ikut bersama rombongan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Silicon Valley, Amerika Serikat untuk mempromosikan e-commerce lokal agar mendapatkan investasi dari beberapa investor di Amerika Serikat, sehingga e-commerce lokal dapat mengembangkan bisnisnya ke ranah global dengan bantuan dana dari luar negeri.

“Kami ingin menunjukkan kepada investor di sana, bahwa di Indonesia juga banyak e-commerce yang bisa diinvestasi. Selama ini kan orang asing itu kalau soal e-commerce tahunya hanya ada di Cina, padahal di Indonesia juga banyak e-commerce,” ujarnya.

John mengungkapkan pihaknya juga telah bekerja sama dengan sejumlah pihak dari luar negeri untuk mendapatkan kucuran dana agar Mataharimall dapat berkembang dengan pesat dan mengalahkan e-commerce global seperti Alibaba.

Dana yang berhasil didapatkan Mataharimall untuk mengembangkan bisnisnya diakui John berasal dari Bank of Amerika Merrill Lynch dan Credit Suisse yang jika ditotal mencapai angka US$200 juta ditambah dengan kucuran dana dari Lippo Group dan yang lainnya sekitar US$300 juta.

Selain itu, MatahariMall juga menunjuk perusahaan penasihat keuangan Rothschild sebagai Financial Advisor bagi Lippo Group dalam transaksi tersebut. “Kami butuh sekitar US$500 juta untuk 2-4 tahun ke depan untuk marketing, teknologi, tim, logistik dan lainnya,” tukasnya.

Berkaitan dengan itu, CEO Mataharimall.com Hadi Wenas mengakui pihaknya tengah berambisi untuk menjadikan Mataharimall sebagai Alibaba versi Indonesia. Pasalnya menurut pria yang akrab disapa Wenas tersebut, Indonesia memiliki penduduk yang cukup besar seperti penduduk di Negeri Panda yaitu sekitar 255,5 juta dengan pengguna Internet aktif berdasarkan data We Are Social sebanyak 88,8 juta ditambah pengguna smartphone aktif sebnayak 318,5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper