Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo 4 Alokasikan Rp300 Miliar Operasional Peralatan

Operator pelabuhan wilayab timur, PT Pelindo 4 (Persero) mengalokasikan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk mendukung operasional alat bongkar muat dan fasilitas apung milik perseroan.
Ilustrasi/Antara-Irsan Mulyadi
Ilustrasi/Antara-Irsan Mulyadi

Bisnis.com, MAKASSAR - Operator pelabuhan wilayab timur, PT Pelindo 4 (Persero) mengalokasikan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk mendukung operasional alat bongkar muat dan fasilitas apung milik perseroan.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo 4, Susantono, mengatakan alokasi tersebut untuk men-cover kebutuhan suplai BBM jenis high speed diesel atau HSD pada pelabuhan kelolaan dalam setahun.

"Pemilihan supplier-nya tengah dalam tahapan pelelangan. Rencana suplai BBM untuk 23 pelabuhan kita," katanya saat dihubungi, Rabu (3/2/2016).

Adapun HSD merupakan BBM jenis solar yang memiliki angka performa cetane number 45, di mana umumnya digunakan untuk mesin transportasi mesin diesel yang umum dipakai dengan sistem injeksi pompa mekanik (injection pump) dan electronic injection.

Sejauh ini, Pelindo 4 melaksanakan berbagai kegiatan utama di 20 pelabuhan kelolaan dan 3 terminal peti kemas yang tersebar di wilayah timur Indonesia.

Jasa kepelabuhanan yang dikelola adalah jasa pemanduan, jasa, labuh, tambat, embarkasi dan debarkasi penumpang, bongkar muat barang curah dan bag, pergudangan, terminal peti kemas dan bongkar muat peti kemas.

Di sisi lain, perseroan juga telah memulai pengerjaan proyek pengembangan dan revitalisasi 9 pelabuhan kelolaan yang dipersiapakn menjadi jaringan konektivitas wilayah timur dalam kerangka Tol laut.

Secara terperinci, revitalisasi 9 pelabuhan kelolaan ditargetkan rampung 2018 dan beroperasi secara penuh pada tahun selanjutnya, menelan investasi Rp3,2 triliun yang bersumber dari PMN dan kas internal.

Adapun pelabuhan yang direvitalisasi perseroan secara simultan mulai tahun ini, yakni Bitung, Kendari, Tarakan, Ambon, Ternate, Jayapura, Sorong, Merauke dan Manokwari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper