Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinggiran Sungai Siak Akan Dikembangkan jadi Wisata Budaya

Pemerintah Kota Pekanbaru terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerahnya, salah satunya dengan rencana peluncuran program pariwisata budaya.
Jembatan Siak III /antara
Jembatan Siak III /antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerahnya, salah satunya dengan rencana peluncuran program pariwisata budaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Pekanbaru Hermanius mengatakan sepanjang 2015 lalu pihaknya telah rampung melakukan inventaris objek pariwisata setempat.

“Hasilnya kami mendapati 42 situs bersejarah yang layak dijadikan objek pariwisata, 19 di antaranya selesai didata dimana 60% berada di pinggiran Sungai Siak,” katanya Sabtu (23/1/2016).

Dia mengatakan untuk menjadikan situs bersejarah itu sebagai objek wisata budaya, pemkot akan melakukan penataan ruang dan lahan yang sesuai.

Langkah ini dilakukan agar wisatawan yang berkunjung dapat melihat langsung situs bersejarah itu dan menerima informasi lengkap tentang objek wisata budaya yang dilihatnya.

Menurut Hermanius, selama ini memang kawasan pinggiran Sungai Siak memiliki beragam situs bersejarah yang menjadi andalan seperti rumah singgah Tuan Kadi yang pernah didatangi Sultan Siak, tugu titik Nol Pekanbaru, tugu Bendera Proklamasi dan sebagainya.

“Penataan ini yang akan dilakukan pemkot secara bertahap sehingga wisatawan yang berkunjung nanti bisa menikmati dan melihat langsung objek wisata budaya unggulan di sini,” katanya.

Adapun Pemkot Pekanbaru tengah mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerahnya dengan beragam cara seperti membuat layanan bus air Senapelan yang menyusuri aliran Sungai Siak, dan tengah mencari investor untuk mengelola danau wisata di Kawasan Rumbai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper