Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penetapan DMO Mineral Butuh "Roadmap" Industri Logam Dahulu

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memerlukan roadmap industri logam dalam negeri untuk menentukan DMO mineral hasil pemurnian.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 09 Desember 2015  |  23:49 WIB
Penetapan DMO Mineral Butuh "Roadmap" Industri Logam Dahulu
Ilustrasi - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terlebih dahulu memerlukan roadmap industri logam sebelum menerapkan kewajiban pasok ke pasar domestik alias domestic market obligation (DMO) bahan mineral.

"Kalau kita bicara DMO mineral itu kan melihat resource kita seperti apa, dan lihat demand-nya seperti apa.Dari situ baru kita bicara DMO," ujarnya, Selasa (8/12/2015).

Menurutnya, konsep mengenai DMO mineral sangat dibutuhkan untuk mendukung program penghiliran mineral. Pasalnya, nilai tambah yang diberikan akan semakin besar jika mineral hasil pemurnian terserap oleh industri dalam negeri.

Oleh karena itu, dia menilai perlu adanya koordinasi dengan Kementerian Perindustrian untuk penentuan DMO mineral tersebut. Pasalnya, pihaknya hanya mengatur sektor hulunya saja sampai mineral dimurnikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dmo mineral
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top