Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ENERGI TERBARUKAN: Manfaat Gliserol Diteliti

JAKARTA Kiky Corneliasari Sembiring M.Eng, peneliti LIPI meraih penghargaan LOral-UNESCO For Women in Science 2015 atas proposal risetnya dalam kategori Material Sciences.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Kiky  Corneliasari Sembiring M.Eng, peneliti LIPI meraih penghargaan  L’Oréal-UNESCO For Women in Science 2015 atas  proposal risetnya dalam kategori Material Sciences.

Melalui riset berjudul Teknologi Baru dari Katalis Heterogen NiOCuOMg-Al dalam Proses Produksi Hidrogen dari Produksi Limbah Biodisel untuk Aplikasi Terbarukan, Kiky yang sedang melanjutkan pendidikan S3 di Univesitas Kyoto memperoleh dana sebesar Rp80 juta untuk melakukan penelitian tersebut.

Penyediaan energi alternatif ramah lingkungan untuk mengurangi ketergantungan pada minyak telah menjadi isu global. Oleh karena itu, Kiky yang berasal Blitar ini akan memanfaatkan limbah biodiesel  (gliserol), yang akan diubah menjadi bahan yang lebih berguna dengan nilai-nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Sebelumnya, pada  2001 Kiky menamatkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) juruasan Teknik Kimia. Dia kemudian memperoleh gelar Master di bidang kimia terapan dan bioteknologi dari Chiba University, Jepang.

Kiky mendapatkan beasiswa Presidential Indonesia dari Indonesia Endowment Fund untuk Pendidikan di bawah Departemen Keuangan pada 2014 untuk  melanjutkan pendidikannya.

Dia sekarang mengejar program doktor di Sekolah Pascasarjana Ilmu Energi, Kyoto University, Jepang dan memulai penelitian tentang pemanfaatan biomassa, termasuk gliserol, untuk menghasilkan energi terbarukan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper