Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gapki Minta Kelapa Sawit Dijadikan Komoditas Strategis

Pengusaha kelapa sawit kembali meminta kepada pemerintah supaya minyak sawit ditetapkan sebagai komoditas strategis Indonesia.
Buah kelapa sawit/Antara
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, NUSA DUA--- Pengusaha kelapa sawit kembali meminta kepada pemerintah supaya minyak sawit ditetapkan sebagai komoditas strategis Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono memaparkan permintaan tersebut berdasarkan sejumlah pertimbangan seperti penyerapan tenaga kerja, pemberantasan kemiskinan, pembangunan daerah dan penghasilan devisa yang terbesar.

“Industri minyak sawit menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 4 juta orang apabila dalam 1 keluarga rata-rata berjumlah 4 orang maka terdapat 16 juta orang yang mengandalkan hidupnya dalam industri minyak sawit,” katanya dalam pembukaan konferensi minyak sawit Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/11/2015).

Selain itu, minyak sawit juga dianggap berperan penting dalam pemberantasan kemiskinan, terutama di daerah terpencil atau pedesaan.

Joko juga memaparkan minyak sawit berperan dalam pemerataan pembangunan daerah karena hampir semua perkebunan kelapa sawit berada di luar Jawa.

“Minyak sawit merupakan penghasil devisa terbesar untuk non-oil and gas (minyak dan bumi) yang pada tahun 2014 menghasilkan devisa sebesar kurang lebih US$21 miliar atau 13,4% dari nilai total ekspor Indonesia,” katanya.

Joko menyampaikan hal tersebut di depan ratusan peserta konferensi serta sejumlah pejabat, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memberikan pidato pembukaan dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan yang juga memberikan paparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper