Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub: Tiket Elektronik ASDP Harus Bersifat Expandable

Kementerian Perhubungan menilai tiket elektronik atau Automatic Ticketing System (ATS) di lintas penyeberangan MerakBakauheni oleh PT ASDP Indonesia Ferry harus disempurnakan sebelum diimplementasikan karena masih eror.
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan menilai tiket elektronik atau Automatic Ticketing System (ATS) di lintas penyeberangan Merak—Bakauheni oleh PT ASDP Indonesia Ferry harus disempurnakan sebelum diimplementasikan karena masih error.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Eddy Gunawan menegaskan sistem tiket elektronik  sebaiknya bersifat expandable atau dapat tetap mengaplikasikan setiap perubahan aturan berkaitan dengan tarif penyeberangan dan lain-lain serta zero error.

“Sepanjang hal tersebut belum dapat dicapai sebaiknya sistem harus ditingkatkan atau disempurnakan lebih dahulu,” ujarnya, Kamis (26/11/2015).

Sebelumnya, dia meminta penghentian sementara uji coba pengguna mesin detektor kendaraan di penyeberangan milik PT ASDP Indonesia Ferry. Uji coba dalam rangka e-ticketing itu tidak akurat sehingga perlu perbaikan.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat menyadari sistem itu belum mencapai kesempurnaan terlebih saat sensor membaca panjang dan dimensi kendaraan untuk menentukan golongan kendaraan. Namun, dia meyakini ATS dapat menghilangkan potensi-potensi kerugian yang selama ini masih dialami baik oleh pengguna jasa maupun operator kapal penyeberangan.

Selain itu, otomatisasi tiket ini akan menilai akurat mencatat identitas penumpang dan mengukur jenis dimensi barang yang akan dimasukan dalam manifes muatan kapal.

“Manifes ini penting bagi pengguna jasa karena merupakan bagian dari dokumen asuransi  bagi penumpang dan muatan kapal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper