Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciputra Siap Bangun Proyek Pasir Putih Buatan di Makassar

PT Ciputra Surya Tbk., anak usaha Ciputra Group di bidang properti akan segera memulai pembangunan proyek pantai pasir putih buatan pada kawasan Center Point of Indonesia di Pantai Losari, Makassar.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 23 November 2015  |  17:59 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Ciputra Surya Tbk., anak usaha Ciputra Group di bidang properti akan segera memulai pembangunan proyek pantai pasir putih buatan pada kawasan Center Point of Indonesia di Pantai Losari, Makassar.

Presiden Direktur PT Ciputra Surya Harun Hajadi mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan teknis seperti studi kelayakan, analisis dampak mengenai lingkungan, dan desain proyek.

Dia menuturkan selain menyelesaikan berbagai persiapan teknis, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan seperti ijin pengambilan pasir dan tender kontraktor.

“Mungkin kalau semuanya beres, dalam satu minggu kedepan proyeknya sudah bisa dimulai,” kata Harun kepada Bisnis, Senin (23/11/2015).

Menurutnya, pantai pasir putih buatan tersebut merupakan salah satu fasilitas publik yang disediakan di area CPI. Adapun, fasilitas publik lainnya yang akan dibangun antara lain adalah ruang terbuka hijau, dan tempat ibadah.

Seperti diketahui, PT Ciputra Surya Tbk. dan PT Yasin Bumi Asri (JO) akan melakukan pengembangan secara komersial pada lahan seluas 106,3 ha di kawasan Pantai Losari.

Dari total tersebut, lahan sekitar 50 ha akan diserahkan kepada Pemprov Sulsel untuk dibangun kantor pemerintahan, wisma negara, gedung pertemuan dan beberapa fasilitas publik.

Harun menyatakan pengerjaan utama dalam pembangunan proyek Citraland City Losari Makassar ialah pengerjaan reklamasi. Oleh sebab itu, saat ini perusahaan masih melakukan tender internasional dalam rangka mencari kontraktor spesialis reklamasi laut dalam.

“Dari tujuh kontraktor yang mengikuti proses tender, saat ini tinggal tiga kontraktor saja yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan tender berikutnya,” ujarnya.

Ketiga peserta tender tersebut antara lain adalah China Harbour asal Cina; Boskalis dari Belanda dan Dredging Internasional dari Belgia.

Ketiga kontraktor, imbuhnya, diwajibkan memasukkan penawaran final pada awal Desember, dan pengumuman pemenang tender rencananya akan dilaksanakan pada Januari 2016.

Berdasarkan penjelasannya, proses reklamasi rencananya akan dilakukan dalam 2 tahapan. Untuk reklamasi‎ tahap I akan dilakukan di lahan seluas 100 ha dengan biaya investasi Rp2,5 triliun.

Selanjutnya, tahap II seluas 57 ha baru akan direklamasi setelah tahap 1 selesai. Proses reklamasi diperkirakan memakan waktu hingga 2 tahun, dengan demikian pengerjaannya baru akan selesai pada 2018.

Di sisi lain, Harun menuturkan belum lama ini pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan delegasi bisnis asal Australia. Dia menuturkan pertemuan tersebut dilakukan atas inisiasi perwakilan Australia yang ingin informasi terkait proyek Center Point of Indonesia (CPI) dan CitraLand City Losari Makassar.

“Delegasi bisnis asal Australia bilang ingin mendapatkan informasi soal CPI dan CitraLand City Losari Makassar, makanya akhirnya kita undang mereka datang dalam pertemuan yang diadakan pekan lalu,” ujarnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra ciputra surya
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top