Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Belum Tahu Rencana Trump & MNC Garap Resort Mewah di Bali

Badan Penanaman Modal dan Perizinan Daerah Bali menyatakan belum mengetahui rencana Trump Hotel International dan MNC Group membangun resort mewah bintang enam di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan.
Donald Trump dan istrinya Melania/xfinity.com
Donald Trump dan istrinya Melania/xfinity.com

Bisnis.com, DENPASAR - Badan Penanaman Modal dan Perizinan Daerah Bali menyatakan belum mengetahui rencana Trump Hotel International dan MNC Group membangun resort mewah bintang enam di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Daerah (BPMPD) Bali Ida Bagus Made Parwata menyatakan sejauh ini pihaknya tidak memiliki berkas-berkas investasi kedua pihak di Pulau Dewata. 

"‎Kalau ada, harusnya minimal ada di kami, meskipun investasi asing yang bukan kewenangan kami, saya sudah tugaskan pegawai untuk mengecek. Kalau memang ada izinnya, saya minta ke daerah atau pusat kirim fax ke sini," jelasnya, Selasa (8/9/2015).

Parwata menduga kerja sama kedua pihak masih dalam tahap perjanjian dan belum sampai ke bawah. Dia menuturkan jika nantinya investasi tersebut akan direalisasikan, pihaknya bakal mengetahui.

Pasalnya, apabila investasinya berupa renovasi dan menghabiskan biaya lebih dari 30% investasi awal, harus mencari izin perluasan investasi.

Jika bentuk investasi penanaman modal asing (PMA) maka ke Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), sedangkan jika berbentuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) cukup ke Kabupaten Gianyar dan ditembuskan ke provinsi. 

Namun, apabila nilai investasinya kurang dari 30% nilai investasi awal, tetap harus membuat laporan kemajuan penanaman modal. Jika ketentuan tersebut tidak dilaporkan, izinnya dapat dicabut.

Sementara itu, ‎Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menuturkan pihaknya siap mempertimbangkan untuk memberikan rekomendasi apabila ada hotel yang dapat mengangkat citra pariwisata Bali sebagai tujuan wisata budaya.

Pasalnya, saat ini tingkat hunian hotel menurun akibat tidak sebandingnya jumlah kamar dengan lama tinggal wisman.

Namun, rekomendasi tersebut dengan catatan hotel yang dibangun tidak bertentangan Perda provinsi dan kabupaten‎, yang salah satunya mengatur tentang alih fungsi lahan dan radius kesucian pura.

‎Trump Hotel dan MNC Group sudah melakukan penandatanganan kerja sama pengelolaan resort di Tanah Lot. Properti ini diklaim akan menjadi resort pertama Trump Hotel Collection di Asia dan direncanakan dibangun di dekat Pura Tanah Lot.

Namun, belum diketahui lokasi pembangunannya di sebelah mana. Adapun saat ini, satu-satunya hotel bintang lima yang berdiri di dekat obyek wisata Tanah Lot adalah Pan Pasific Bali Nirwana Resort yang sahamnya dimiliki MNC Land setelah sebelumnya diambil alih dari PT Pratama Prima Investama (PPI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper