Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INVESTASI SEMESTER I/2015: Modal Asing ke RI Tertinggi di Asean

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan arus investasi asing yang masuk ke Indonesia pada semester I/2015 mencapai 31% atau tertinggi di Asean
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan arus investasi asing yang masuk ke Indonesia pada semester I/2015 mencapai 31% atau tertinggi di Asean.

Franky mengatakan berdasarkan pada data Financial Times, arus investasi asing yang masuk ke Indonesia sebesar US$13,66 miliar atau 31%di antara sepuluh negara anggota Asean.

Menurut dia, angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Vietnam yang menyerap US$7,53 miliar (17%) dan Malaysia sebesar US$7,01 miliar (16%).

"Data ini memberikan gambaran di tengah kondisi ekonomi global yang melambat, Indonesia masih potensial sebagai negara tujuan investasi utama Asean," kata Franky  dalam jumpa pers, Senin (31/8/2015) seperti dikutip Antara.

Franky menuturkan, secara global arus investasi sepanjang semester I/2015 mencapai US$311 miliar dolar AS, turun 15,8% dibandingkan semester I/2014 sebesar US$369,5 miliar.

Kendati demikian, arus investasi yang masuk ke Asia Pasifik semester I/2015 naik 9,2% sebesar US$137,3 miliar dibandingkan semester I/2014 sebesar US$125,8 miliar.

"Asia Pasifik menjadi satu-satunya wilayah yang masih mencatatkan pertumbuhan arus positif," katanya.

Franky merinci negara asal investasi yang masuk ke Asean sepanjang semester I/2015 yakni China (17%), Jepang (15%), Thailand (12 %), Korea Selatan (12%), Singapura (10%), Amerika Serikat (9%), Malaysia (3%), Jerman (3%), Taiwan (2%) dan Swiss (2%).

Menurut dia, negara 10 besar asal investasi ke Asean , sudah sejalan dengan fokus pemasaran investasi yang ditetapkan BKPM.

Intinya, ujar dia, Indonesia masih menjadi negara Asean yang paling diminati investor asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper