Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Perkuat Pendapatan Lewat Penyewaan Gedung Komersil

Penyewaan gedung komersil menjadi salah satu upaya PT Ciputra Residence untuk meningkatkan pendapatan berkelanjutan alias recurring income.

Bisnis.com, TANGERANG—Penyewaan gedung komersil menjadi salah satu upaya PT Ciputra Residence untuk meningkatkan pendapatan berkelanjutan alias recurring income.

General Manager Marketing PT Ciputra Residence Yance Onggo mengatakan pendapatan berkelanjutan perseoran kini tak sampai 5% dari pendapatan, mayoritas berasal dari development income.

"Kalau semua lahan kami jual dan pilot-nya tidak di tangan kami lagi, jadi lebih sulit kembangkan kota mandiri. Di sisi lain kami juga berpikir untuk tingkatkan recurring income," ucap Yance kepada Bisnis, Senin (10/8/2015).

Dalam memasarkan gedung komersil, Ciputra tidak akan menjual semua unit. Perseroan menyisakan sekian persen dari unit yang ada untuk disewakan bukan dijual. Cara ini ditujukan untuk menggenjot dan  mempertahankan kestabilan pendapatan berkelanjutan.

Bangunan yang khusus untuk disewakan itu diharapkan diisi tenant penyedia jasa maupun produk yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Yance mencontohkan, seperti jasa bimbingan belajar, klinik, mini market, dan lain-lain.

"[Sebagai contoh] di Mega Cluster Ecopolis ada yang dijual dan disewakan. Yang seluruhnya dijual adalah residensialnya, sedangkan ruko mayoritas dijual tetapi ada yang disewakan," ucapnya.

Menurut Yance, kehadiran berbagai proyek bangunan komersil tersebut tidak semata untuk menggenjot pendapatan. Ciputra mengklaim orientasi utamanya ialah memenuhi kebutuhan warga yang populasinya tambah padat, di Citra Raya Tangerang saja sekarang dihuni 60.000 penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper