Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Tol Laut Jokowi, Ini Pendapat Nakhoda Kapal Tidar

Konsep tol laut yang diusung Presiden Joko Widodo diklaim dapat menekan biaya logistik nasional. Lantas, apa tanggapan Nakhoda Kapal Motor Tidar yang selama ini bergulat dengan transportasi itu?
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 18 Juli 2015  |  23:13 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Pelindo II R.J. Lino menjelaskan perkembangan pembangunan tol laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6). - Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Pelindo II R.J. Lino menjelaskan perkembangan pembangunan tol laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, MAKASSAR--Konsep tol laut yang diusung Presiden Joko Widodo diklaim dapat menekan biaya logistik nasional. Lantas, apa tanggapan Nakhoda Kapal Motor Tidar yang selama ini bergulat dengan transportasi itu?

Muhammad Djuhari, Kapten Kapal Motor Tidar, menilai keinginan presiden untuk mewujudkan konsep tol laut berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya.

"Negara kita ini negara maritim, mengapa yang memajukan justru negara luar? Ini konsen presiden sekarang," ungkapnya saat berbincang dengan Bisnis.com di atas KM Tidar.

Menurutnya, gagasan tol laut dapat membuat Indonesia yang merupakan negara kepulauan dapat tersambung. Namun, persoalan saat ini adalah kekurangan armada kapal, baik untuk penumpang, maupun barang.

Dia mencontohkan, jika KM Tidar tidak melayani rute penumpang sekali trip saja, harga barang khususnya sembako langsung melonjak tajam. Hal itu dinilai menjadi faktor yang sangat penting untuk menggerakkan ekonomi khususnya di kawasan Timur Indonesia.

"Kalau saya perhatikan begini, kapal kita itu multifungsi. Walaupun kapal penumpang, tidak melulu bawa penumpang. Tapi juga barang," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tol Laut
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top