BANDARA SOEKARNO HATTA KEBAKARAN: 30 Penerbangan Alami Penundaan

Musibah kebakaran yang terjadi di kompleks Bandara Soekarno Hatta, Minggu (5/7/2015) pagi berdampak pada terjadinya penundaan 30 penerbangan.
Hadijah Alaydrus | 05 Juli 2015 17:48 WIB
Ribuan calon penumpang tertahan di Terminal 2 menyusul terbakarnya Gate 3 keberangkatan Luar Negeri di Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (5/7/2015) pagi. Kebakaran yang menghanguskan ruang tunggu Terminal 2E masih dalam penyelidikan pihak berwenang. - Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA—Musibah kebakaran yang terjadi di kompleks Bandara Soekarno Hatta, Minggu (5/7/2015) pagi berdampak pada terjadinya penundaan 30 penerbangan.

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat sebanyak 30 penerbangan yang mengalami penundaan keberangkatan atau delay di atas 30 menit akibat kebakaran yang menimpa JW lounge di Terminal 2E Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi mengatakan Perusahaan mengambil langkah kontingensi untuk menanggulangi delay dengan mengubah perubahan proses check-in di bandara.

“Penumpang domestik Garuda Indonesia dipusatkan di Terminal 2F sementara itu penumpang internasional di Terminal 2D,” ujarnya, Minggu (5/7).

Ketika dikonfirmasi, VP Corporate Communication Garuda Ikhsan Rosan membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, Garuda tetap mengupayakan layanan check-in dengan manual, hingga sistem berfungsi kembali pada pukul 07.00 wib.

Akibat kebakaran ini, Garuda juga akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar atau widebody untuk mengangkut penumpang yang sudah terkena delay khusus keberangkatan ke Surabaya dan Denpasar sehingga jadwal keberangkatan bisa dilakukan hari ini.

“Sebenarnya kita harapkan penumpang untuk melakukan rescheduling saja karena bandara hari ini agak padat akibat check-in manual,” ujarnya.

Ikhsan mengatakan kebakaran di JW Lounge ini juga menyebabkan fasilitas IT Garuda terbakar sehingga penanganan penumpang dilakukan secara manual.

Langkah kontingensi lainnya, seluruh operasional penerbangan luar negeri termasuk proses check-in dari Lion Air dan Malindo yang sebelumnya di Terminal 2 dipindahkan

Setidaknya tiga penerbangan internasional terpaksa ditunda keberangkatannya akibat kebakaran yang menimpa JW lounge ini.

Ketiganya yaitu China Southern nomor penerbangan 388 dari schdeule 09.05 WIB menjadi berangkat pukul 12.00 WIB; Xiamens Air nomor penerbangan 870 dari schedule 08.10 WIB menjadi berangkat pukul 12.00 WIB; dan Malaysia Airlines nomor penerbangan 712 dari schedule 09.45 WIB menjadi berangkat pukul 11.30 WIB.

Berdasarkan laporan AP II, unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran atau PKP-PK PT Angkasa Pura II (Persero) mendapat kabar kebakaran pada pukul 05.50 WIB, kemudian personil tiba di lokasi pukul 06.10 WIB dan pada pada pukul 07.45 WIB api dapat dikuasai kemudian dilakukan proses pendinginan.

Hingga saat ini petugas masih melakukan pembersihan di area kebakaran sehingga berdampak pada ditutupnya Pintu 3 di Terminal 2E.

Sedangkan di pintu 1, 2 dan 4 tetap normal dan saat ini penumpang dapat melakukan proses check-in melalui Pintu 1 dan Pintu 2 untuk keberangkatan internasional dan Pintu 4 khusus rute domestik.

Adapun penyebab kejadian saat ini sedang dalam tahap penyelidikan oleh Puslabfor Mabes Polri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara soekarno hatta, Bandara Soekarno-Hatta Kebakaran

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top