Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Damri Siap Operasikan 15 Unit Bus Transmamminasata Juli

Perum Damri akan mengoperasikan 15 unit armada moda transportasi publik berbasis bus atau Trans Mamminasata pada awal bulan depan.
Bus Transmamminasata di Makassar/Ilustrasi-muhyasir.wordpress.com
Bus Transmamminasata di Makassar/Ilustrasi-muhyasir.wordpress.com

Bisnis.com, MAKASSAR - Perum Damri akan mengoperasikan 15 unit armada moda transportasi publik berbasis bus atau Transmamminasata pada awal bulan depan.

GM Perum Damri Cabang Makassar Adrian Mamusung mengatakan pengoperasian armada tersebut akan melayani tiga koridor utama Transmamminasata yang menghubungkan sejumlah titik di Makassar.

Dia menjelaskan pengoperasian 15 armada Bus Rapid Transit (BRT) tersebut sekaligus memulai pengoperasian secara bertahap 30 unit bus subsidi dari Kementerian Perhubungan. 

"Pada 1 Juli nanti, kita akan luncurkan secara resmi 15 unit bus dari total 30 unit yang telah kita terima dari kementerian. Fokus pelayanan untuk tiga koridor utama dulu," katanya, Senin (29/6/2015). 

Pada awal tahun ini, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat mengalokasikan 30 unit bus yang telah dimodifikasi untuk mendukung operasional Transmamminasata.

Kendati demikian, pengoperasian bus dilakukan secara bertahap lantaran sebagian unit Transmamminasata itu masih dalam tahap pengurusan dokumen kendaraan dan penomoran kendaraan di instansi terkait.

Adapun, 15 unit yang dipersiapkan pada awal bulan depan akan melayani koridor 2 dengan rute Mal Panakkukang - Mari Mall - Trans Studio Mall dan terakhir Mal GTC dengan panjang keseluruhan 14,9 kilometer.

Selanjutnya, koriodor 3 memiliki panjang rute 21,8 kilometer, yang menghubungkan Terminal Daya hingga Terminal Pallangga Gowa. Serta koridor 8 yang melayani rute Takalar-Galesong Selatan-Galesong Utara-Barombong-Mal GTC Makassar.

Secara keseluruhan, Transmamminasata direncanakan terdiri dari 11 koridor yang akan menghubungkan Makassar dengan sejumlah kota penyangga yakni Sungguminas Gowa, Maros, dan Takalar (Mamminasata).

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo tengah mengkaji permintaan Perum Damri kepada Pemprov Sulsel untuk memberikan subsidi untuk operasional Transmamminasata.

"Tetapi itu urusan kedua, yang utama dulu pengoperasian Transmamminasata agar masyarakat bisa menikmati pilihan transportasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper