Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM SEJUTA RUMAH: Info Hunian Tersedia di Website

Data hunian yang dibangun dalam Program Sejuta Rumah kini dapat diakses khalayak melalui situs sejutarumah.id.
Rumah tapak /Bisnis.com
Rumah tapak /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Data hunian yang dibangun dalam Program Sejuta Rumah kini dapat diakses khalayak melalui situs sejutarumah.id.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera Syarif Burhanuddin mengatakan dengan adanya website tersebut diharapkan mempermudah masyarakat dalam mencari informasi mengenai dimana saja lokasi pembangunan sejuta rumah yang akan dilaksanakan.

“Situs juga berfungsi sebagai monitoring berapa rumah yang akan dan telah terbangun di suatu daerah,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (18/6/2015).

Data hunian mencakup lokasi dan jumlah rumah yang dibangun pada kota/kabupaten dalam satu provinsi, mulai dari Aceh sampai Papua. Selain itu, tercantum juga nama perusahaan pengembang. Informasi akan di-update setiap hari oleh Tim Monitoring Program Sejuta Rumah yang bermarkas di Kementerian PU-Pera.

Menurut Syarif, pelaku yang bisa melakukan updating data sejuta rumah ialah pengembang yang tergabung dalam asosiasi dan pemerintah daerah. Pasalnya, data tersebut harus benar dan sesuai kenyataan di lapangan. Oleh karena itu, peran Tim Monitoring diperlukan untuk bersama-sama mengontrol realisasi Program Sejuta Rumah.

Sekeretaris Tim Monitoring dan Pengendalian Program Sejuta Rumah Kuswardono menyebutkan anggota kelompok merupakan gabungan dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, BPJS Ketenagakerjaan, dan sejumlah asosiasi pengembang.

“Tugas utama tim ini ada tiga, yaitu memastikan lahan sudah siap, hunian bisa dibangun, dan memastikan rumah tersebut bisa dibeli oleh masyarakat,” tuturnya kepada Bisnis.com.

Kuswardono mengatakan situs memberikan informasi lokasi perumahan, nama kompleks, jumlah unit, dan nama pengembang.

“60% masyarakat sudah melek internet, sehingga kami menyediakan fasilitas dalam bentuk online. Adanya website juga membantu proses pemasaran rumah, sehingga pengembang memiliki wadah melakukan promosi,” ujarnya.

Apalagi masih banyak masyarakat khususnya mereka yang berpenghasilan rendah yang sedang mencari rumah yang layak huni dengan harga yang terjangkau.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kementerian PU-Pera, sejutarumah.id juga menyajikan informasi mengenai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang memerlukan bantuan baik rumah khusus, rusunawa, maupun Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau yang lebih dikenal dengan Program Bedah Rumah. Masyarakat yang ingin bertanya lebih jauh tentang program tersebut juga bisa mengirimkan pertanyaan via email ke [email protected] dan [email protected].

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper