Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penanganan Sanitasi Fokus ke Rumah Tangga

Target pencapaian akses sanitasi layak 100% di 2019 akan diprioritaskan pada sistem sanitasi setempat atau on-site system berbasis rumah tangga individual sebab dinilai lebih realistis untuk dicapai dalam waktu dekat.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Target pencapaian akses sanitasi layak 100% di 2019 akan diprioritaskan pada sistem sanitasi setempat atau on-site system berbasis rumah tangga individual sebab dinilai lebih realistis untuk dicapai dalam waktu dekat.

Dodi Krispratmadi, Kepala Subdirektorat Drainase, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), Ditjen Cipta Karya Kementerian PU-Pera mengatakan target 100% akses sanitasi layak di 2019 berdasarkan RPJMN 2015-2019 tergolong sangat tinggi.

Hingga saat ini, capaian akses sanitasi layak berdasarkan laporan BPS kuartal I 2014 baru 61,04%. Artinya, dibutuhkan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan mencapai 8%. Padahal, rata-rata pertubuhan tahunan sanitasi layak sejauh ini baru 2% per tahun.

Dodi mengatakan, dari rata-rata umum 61,04%, sejauh ini capaian sanitasi layak di kota 77,15%, sedangkan perdesaan 44,74%. Dari capaian tersebut, hanya 3% yang menggunakan sistem sanitasi terpusat atau off-site system berbasis penanganan komunal wilayah atau kolektif.

Total kebutuahan anggaran untuk merealisasikan akses universal sanitasi layak baik sistem setempat maupun terpusat diperkirakan mencapai Rp273 triliun. Padahal, kemampuan APBN melalui Ditjen Cipta Karya hanya mampu menutupi Rp35,46 triliun, atau sekitar 13%.

“Menanam pipa di kota yang sudah jadi itu tidak mudah walaupun kita rencanakan ada beberapa kota dengan dana asing. Makanya kita pacu yang setempat dulu untuk capai target 100%,” katanya.

Salah satu program off-site yang tengah diupayakan pemerintah misalnya sistem pengolahan sanitasi berbasis pipa di kota Jakarta. Proyek terebut diperkirakan baru tuntas dalam kurun waktu 35 tahun, meski pemerintah tengah berupaya untuk mempercepatnya.

Dodi mengatakan untuk menyiasati keterbatasan anggaran, pemerintah tengah menjajaki sejumlah masukan ide agar target tetap dapat dicapai. Menurutnya, dalam waktu dekat, pemerintah akan mengadakan forum sanitasi yang menghadirkan berbagai pemangku kepentingan dan pemerhati masalah sanitasi untuk membantu menemukan solusi.

Sementara itu, pemerintah juga berupaya menggiatkan kontribusi dan meningkatkan kesadaran pemerintah daerah terhadap sanitasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper