Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MedcoEnergi Peroleh Perpanjangan Blok Oman

PT Medco Energi Internasional Tbk memperoleh perpanjangan kontrak blok migas di Oman selama 25 tahun.
Medco. /Bisnis.com
Medco. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk memperoleh perpanjangan kontrak blok migas di Oman selama 25 tahun.

Direktur Utama MedcoEnergi Lukman Mahfoedz mengatakan anak usaha Medco Oman LLC telah menandatangani Amandemen Perjanjian Karim Small Fields dengan Petroleum Development of Oman (PDO) pada 28 April 2015.

Penandatanganan dilakukan oleh Managing Director PDO, Raoul Restucci dan Direktur Utama Perseroan, Lukman Mahfoedz serta disaksikan oleh Menteri Minyak dan Gas Oman Dr. Mohamed bin Hamad Al Rumhy, Duta Besar RI untuk Oman, Sukanto dan Komisaris Utama Perseroan, Hilmi Panigoro.

Kontrak Amandemen KSF ini menegaskan perubahan  aspek komersial dan teknis Kontrak Jasa Pengoperasian KSF yang sebelumnya telah ditandatangani perseroan bersama mitra dengan PDO pada 2006 untuk periode kontrak 10 tahun.

"Beberapa hal baru yang ditetapkan dalam Kontrak Amandemen KSF antara lain tambahan masa kontrak 25 tahun bagi Perseroan (bersama mitra) untuk mengoperasikan lapangan minyak Karim Small Fields yang berlaku efektif setelah penandatanganan amandemen KSF," katanya melalui pernyataan resmi di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Selain itu, program eksplorasi untuk pengeboran tiga sumur pada 2 tahun pertama, adanya tiga skema bagi hasil yang ditentukan oleh besarnya biaya produksi di mana skema ini akan memberikan keekonomian yang lebih baik kepada kontraktor, dan pemberian insentif untuk penemuan minyak dan gas berdasarkan jumlah sumber daya atau cadangan Migas yang ditemukan.

Sebagai operator di Karim Small Fields, Perseroan menguasai 51% kepemilikan saham. Sedangkan Kuwait Energy Company (KEC) dan dua mitra lokal, serta Oman Oil Company Exploration & Production (OOCEP) memiliki sisanya.

Sejak beroperasi 2007, Perseroan telah berhasil menggandakan produksi minyak Karim Small Fields hingga  mencapai puncak produksi lebih dari 22.000 barel minyak per hari (BOPD) pada 2012. Total jumlah sumur pengembangan yang telah dibor hingga saat ini mencapai lebih dari 250. Saat ini rata-rata jumlah produksi minyak sebesar 17.000 BOPD.

MedcoEnergi akan terus memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Oman dan PDO dalam 25 tahun ke depan untuk meningkatkan produksi minyak, melakukan kegiatan eksplorasi dalam rangka menemukan cadangan migas baru, dan mempertahankan keselamatan kerja dalam kegiatan operasinya.

Menurut Lukmam, tim operasi di Oman terdiri lebih dari 80% warga Oman, telah bekerja secara ekstensif dalam meningkatkan nilai operasi MedcoEnergi di arena internasional serta mendukung strategi bisnis Perseroan dalam memperkuat portofolio aset-aset produksi.

"Ke depannya, kami akan menambah kesempatan kerja kepada pekerja lokal, tidak hanya di Oman tetapi juga di area operasi kami secara global," tambahnya.

Bisnis.com mencatat MedcoEnergi memiliki operasi di Indonesia, termasuk diantaranya 9 blok minyak dan gas  dan memiliki partisipasi ekonomi di sebuah lapangan eksplorasi.

Di luar negeri, MedcoEnergi beroperasi di Libya, Oman, Papua Nugini, Tunisia, Yaman dan Teluk Meksiko di Amerika Serikat.

Selain itu, MedcoEnergi juga mengoperasikan beberapa pembangkit listrik tenaga gas dan uap untuk memasok listrik bagi PLN (Perusahaan Listrik Negara), memiliki unit usaha pertambangan batu bara serta distribusi gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper