Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Semen Indarung VI Ditarget Beroperasi November 2016

PT Semen Padang mematok tenggat pembangunan pabrik Indarung VI yang tengah dikerjakan selesai di kuartal terakhir tahun depan, atau beroperasi November 2016.
Pabrik PT Semen Padang/Bisnis
Pabrik PT Semen Padang/Bisnis

Bisnis.com, PADANG—PT Semen Padang mematok tenggat pembangunan pabrik Indarung VI yang tengah dikerjakan selesai di kuartal terakhir tahun depan, atau beroperasi November 2016.

Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry menuturkan realisasi pengerjaan pabrik Indarung VI sudah mencapai 40%, dan diperkirakan tuntas di penghujung tahun depan.

“Estimasinya, November 2016 itu sudah beroperasi, sehingga tambahan kapasitas 3 juta ton akan meningkatkan kapasitas produksi kami menjadi 10,4 juta ton,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Perusahaan semen tertua di Indonesia itu menargetkan pertumbuhan produksi 40% dalam dua tahun. Tahun ini, kapasitas produksi sudah mencapai 7,4 juta ton dengan beroperasinya pabrik cement mill di Dumai, Riau dengan kapasitas 900.000 ton per tahun.

Peningkatan kapasitas produksi itu digunakan untuk mengejar penguasaan pasar wilayah Sumatra hingga 55% dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, market share Semen Padang baru berkisar 44% di Sumatra dan 12% secara nasional.

Dia meyakini rencana pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah akan meningkatkan permintaan semen di Tanah Air.

Adapun, untuk pembangunan Indarung VI, Benny memperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp3,4 triliun.

Anggaran untuk pembangunan itu melalui dana perusahaan dan pinjaman dari induk PT Semen Indonesia Group (SMGR) serta komitmen pinjaman dari Bank Mandiri senilai Rp1,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper