Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Upah PAS Diklaim Lebih Pro Ke Pengusaha

Pemerintah menggunakan konsep PAS dalam menyusun sistem pengupahan.Konsep upah minimum PAS yang dimaksud adalah pasti, adil, dan sederhana.nn
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menggunakan konsep PAS dalam menyusun sistem pengupahan.Konsep upah minimum PAS yang dimaksud adalah pasti, adil, dan sederhana.

Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan pekerja tanpa merugikan pengusaha sehingga kesempatan kerja lebih terbuka seiring dengan potensi investasi ke Tanah Air.

"Untuk mewujudkan itu perlu formulasi penyusunan upah yang PAS juga, pasti, adil, sederhana," kata Direktur Pengupahan dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan Wahyu Widodo, Rabu (22/4/2015).

Dalam RPP Pengupahan yang disusun, kenaikan upah tetap dilakukan setiap tahun, namun peninjauan item kebutuhan hidup layak dilakukan per lima tahun.

Formula ini dinilai tepat dan lebih pro ke pengusaha. Sebab selama ini salah satu hambatan yang dirasakan oleh investor asing adalah sistem kepastian sistem pengupahan di Indonesia yang selalu berubah drastis setiap tahun.

“Solusinya dengan menerapkan sistem seperti ini sehingga lapangan kerja lebih besar,” ujarnya.

Kenaikan upah setiap tahun didasarkan pada kenaikan indek harga konsumen sebagai pembobotan KHL, serta koefisien peningkatan produktivitas dikaitkan dengan pertumbuhan biaya produk domestik bruto masing-masing daerah.

Sementara peninjauan komponen dan jenis KHL sebagai dasar penetapan upah minimum dilakukan oleh dewan pengupahan nasional setiap lima tahun sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper