Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Jayapura & Semen Indonesia Bangun Pabrik Semen Pertama di Papua

Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama dengan PT Semen Indonesia Tbk. mengklaim telah mencapai kesepakatan kerja sama untuk membangun pabrik semen terintegrasi pertama di Provinsi Papua dengan nilai US$150 juta.
Pasokan semen diangkut oleh sejumlah truk/Ilustrasi-Bisnis.com
Pasokan semen diangkut oleh sejumlah truk/Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama dengan PT Semen Indonesia Tbk. mengklaim telah mencapai kesepakatan kerja sama untuk membangun pabrik semen terintegrasi pertama di Provinsi Papua dengan nilai US$150 juta.

Mathius Awoitauw, Bupati Jayapura, mengatakan kerja sama ini sejalan dan membantu mewujudkan rencana pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam percepatan pembangunan Indonesia bagian timur.

“Pabrik semen akan membuka lapangan kerja bagi putra putri Jayapura. Maka dari itu putra putri Jayapura, Papua harus mempersiapkan kemampuan diri untuk mendapatkan kesempatan kerja di pabrik semen ini,” ujar Mathius dalam keterangan resmi, Minggu (5/4/2015).

Menurutnya, PT Semen Indonesia memiliki keahlian dan komitmen untuk mengembangkan industri semen di Papua, seiring dengan prospek konsumsi semen yang menjanjikan di wilayah ini serta peluang ekspor ke Papua New Guinea.

Dia mengatakan ground breaking pembangunan pabrik semen dengan kapasitas 1 juta ton semen per tahun ini ditargetkan pada Januari 2016. Dengan demikian operasional pabrik ditargetkan pada tiga tahun mendatang.

“Sebuah kebanggaan bagi pemerintah daerah, karena dalam kerjasama ini pembangunan dikerjakan oleh Semen Indonesia selaku BUMN bersama BUMD Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis PT Semen Indonesia Tbk. Rizkan Chandra mengatakan pembangunan pabrik semen ini diharapkan dapat memenuhi permintaan kebutuhan semen di Provinsi Papua yang pada 2014 mencapai sekitar 800.000 ton.

Pabrik ini, lanjutnya, juga dapat memasok permintaan semen di daerah sekitar seperti Maluku serta peluang ekspor ke Papua New Guinea.

“Kami bersyukur karena rencana Perseroan untuk membangun pabrik semen terintegrasi di Kabupaten Jayapura yang kami rencanakan sejak tahun lalu disambut dengan antusias oleh Bupati,” katanya.

Sebelumnya, PT Semen Indonesia telah memiliki pabrik pengantongan semen (packing plant) di Sorong.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper