Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LEMHANNAS Ajak Masyarakat Makan Ikan

Lembaga Ketahanan Nasional RI mendorong peningkatan konsumsi ikan sebagai sumber protein hewani seiring dengan program pemerintah yang menargetkan pada tahun 2019 konsumsi ikan bisa mencapai 50 kg per kapita per tahun.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 03 April 2015  |  01:10 WIB
Manfaat ikan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia selain dari daging.  - Bisnis.com
Manfaat ikan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia selain dari daging. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional  RI mendorong peningkatan konsumsi ikan sebagai sumber protein hewani seiring dengan program pemerintah yang menargetkan pada 2019 konsumsi ikan bisa mencapai 50 kg per kapita per tahun.

Gubernur Lemhannas RI  Budi Susilo Soepandji mengatakan potensi ikan di Indonesia sangat berlimpah sehingga harus dibarengi dengan konsumsi ikan di masyarakat.

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang menyatakan konsumsi ikan nasional hanya mencapai 38 kg per kapita per tahun pada 2014. Sementara itu, Malaysia sudah mencapai 70 kg dan Jepang 140 kg per kapita per tahun.

“Sumber daya perikanan yang besar ini menjadikan sektor kelautan dan perikanan berpeluang besar dalam memberikan kontribusi di dalam memenuhi total kebutuhan konsumsi protein hewani di Indonesia”, kata Budi, melalui siaran pers, (2/4/2015).

Menurut Budi, kebutuhan nutrisi dan protein merupakan modal dalam pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan cerdas. Gerakan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya perlu terus dilakukan.

Senada dengan Budi, Anggota Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) 49 Widodo Sigit menilai kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya masih sangat rendah. Padahal ikan merupakan sumber protein hewani yang harganya relatif ekonomis bila dibandingkan dengan daging.

“Manfaat ikan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia selain dari daging. Selain itu ikan juga baik untuk kecerdasan,” ungkap Widodo.

Pihaknya berharap konsumsi ikan di Indonesia bisa meningkat dari tahun ke tahun sebanding dengan besarnya potensi perikanan dan kelautan Indonesia. “Kita ingin bukan hanya produksi perikanannya saja yang cukup tinggi, tapi konsumsi ikan masyarakat Indonesia pun meningkat” kata Widodo. []

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan lemhanas
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top