Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Dorong Perajin Tenun Ikat Kediri

Kantor Bank Indonesia mendorong pengembangan perajin tenun ikat di Kediri, Jawa Timur, melalui program bantuan mesin serta pendampingan untuk pelaku usaha tersebut.
Perajin tenun di Kediri memang terkendala terbatasnya jumlah mesin, sehingga belum bisa melayani permintaan pelanggan dengan maksimal. /andikafm
Perajin tenun di Kediri memang terkendala terbatasnya jumlah mesin, sehingga belum bisa melayani permintaan pelanggan dengan maksimal. /andikafm

Bisnis.com, KEDIRI - Kantor Bank Indonesia mendorong pengembangan perajin tenun ikat di Kediri, Jawa Timur, melalui program bantuan mesin serta pendampingan untuk pelaku usaha tersebut.

"Kami kembangkan komoditas tenun karena memiliki keunikan dari aspek produk," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto ditemui dalam acara pencanangan kampung industri tenun ikat di Kantor Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jumat (27/3/2015).

pengembangan industri tenun ini sudah melalui pertemuan dalam forum pengembangan usaha kecil dan industri keuangan di Kediri. Selain melihat keunikan produk, pertimbangan lain adalah jumlah UMKM yang terlibat serta jumlah tenaga kerja .

Bank Indonesia juga menilai pelaku usaha turun temurun itu bersemangat untuk terus mengembangkan bisnis tenun ikat. Usaha itu juga banyak berdiri di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, yang awalnya sampai ratusan, namun saat ini yang mampu bertahan hanya puluhan industri saja.

Saat ini, terdapat 139 mesin tenun yang tersebar di sejumlah perajin tenun yang berpusat di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto. Jumlah pelaku UMKM itu juga beragam, ada sedikit, ada yang sampai puluhan. Dari usaha kerajinan itu, diketahui mampu menyerap sampai 210 tenaga kerja.

Produksi tenun di Kediri masih terkendala dengan minimnya jumlah mesin. Padahal, permintaan cukup besar, sehingga BI Kediri melakukan pendampingan dengan memberikan bantuan mesin tenun. Ada 11 mesin tenun yang diserahkan ke koperasi perajin tenun ikat itu, dan nantinya diharapkan bisa menambah jumlah produksi.

Pihaknya juga mengatakan, BI tidak hanya melakukan pemberian bantuan mesin saja, tapi terus melakukan pendampingan secara teratur. Kegiatan itu dengan melakukan penguatan bisnis, studi banding, agar meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi.

BI, kata dia, juga berharap produk ini bisa dipatenkan dan menjadi produk khas atau unggulan Kediri, bahkan Jatim. Ia tidak ingin, kain tenun yang dari Kediri ini justru dipatenkan daerah atau pihak lain.

Sementara itu, perajin tenun ikat di Kediri mengaku senang mendapatkan bantuan tambahan berupa mesin tenun. Nantinya, mesin itu akan diberikan secara merata pada anggota, sehingga bisa menambah kapasitas produksi tenun mereka.

Perajin tenun di Kediri memang terkendala terbatasnya jumlah mesin, sehingga belum bisa melayani permintaan pelanggan dengan maksimal. "Inilah yang kami tunggu, dan kami berharap tenun ikat semakin dikenal masyarakat," kata Siti Rukayah, salah seorang perajin tenun di Kediri. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper