Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Susu Diperkirakan Naik 20%

Produksi susu sapi di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur ditarget naik 20% di tahun ini. Penanggungjawab Koperasi Peternak Sapi Setiakawan Hariyanto mengatakan saat ini terdapat 5.500 peternak aktif dengan 18.200 ekor sapi perah. Sementara itu produksi susu sapi mencetak angka 72.000 liter per hari. Diperkirakan angka ini naik 20% di tahun ini.
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, MALANG- Produksi susu sapi di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur ditarget naik 20% di tahun 2015.

Penanggungjawab Koperasi Peternak Sapi Setiakawan Hariyanto mengatakan saat ini terdapat 5.500 peternak aktif dengan 18.200 ekor sapi perah. Sementara itu produksi susu sapi mencetak angka 72.000 liter per hari. Diperkirakan angka ini naik 20% di tahun ini.

"Rata-rata kita produksi 72.000 liter per hari, diperkirakan kenaikannya 20%," ujarnya di peternakan sapi di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur.

Hariyanto menilai target produksi bisa tercapai dengan memperhatikan kualitas pakan ternak yang diberikan. Menurutnya bila peternak sapi perah mengetahui jenis pakan yang diberikan, produktivitas sapi perah otomatis akan terkerek. Saat ini, peternak mulai menanam rumput gajah Thailand yang memiliki kandungan nutrisi lebih baik.

"Pakan harus cukup, sekarang sudah banyak yang tanam rumput gajah thailand. Tingginya hampir 2 meter," katanya.

Seperti diketahui, baru 20% kebutuhan susu nasional yang terpenuh produksi lokal. Adapun, 93% di antaranya berasal dari Pulau Jawa dengan penetrasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper