Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Konektivitas, Mentawai akan Bangun 9 Pelabuhan Baru

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat merencanakan pembangunan sejumlah pelabuhan untuk membangun konektivitas antar pulau di daerah tersebut.
Pelabuhan sebagai sarana vital untuk meningkatkan konektivitas antarpulau di Mentawai./Ilustrasi Pelabuhan Tanjung Mas-Bisnis
Pelabuhan sebagai sarana vital untuk meningkatkan konektivitas antarpulau di Mentawai./Ilustrasi Pelabuhan Tanjung Mas-Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat merencanakan pembangunan sejumlah pelabuhan untuk membangun konektivitas antarpulau di daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Mentawai Edi Sukarni mengatakan untuk jangka panjang, pemda setempat setidaknya membangun sembilan pelabuhan baru di empat pulau besar di daerah itu, yakni Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

“Dalam RPJMD Mentawai, kami akan bangun sejumlah pelabuhan baru untuk meningkatkan konektivitas antarpulau di Mentawai,” katanya, Senin (23/2/2015).

Edi mengatakan untuk membangun sejumlah pelabuhan penyeberangan baru setidaknya daerah tersebut membutuhkan Rp180 miliar. Anggaran itu, katanya, dialokasikan melalui APBN dan APBD secara multiyears.

Selain membangun pelabuhan baru, juga dilakukan pembenahan terhadap pelabuhan-pelabuhan yang dinilai tidak memadai.

Pembenahan dan pembangun elabuhan-pelabuhan baru tersebut a.l di Subeleng, Pokai, Mailepet, Mabukuk, Katurai, dan Simabuk di Pulau Siberut. Tuapeijat, Sioban, dan Sagicik di Pulau Sipora, dan Sikakap, Sinakak, dan Pasapuat di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Edi menyebutkan pemda setempat mengalokasikan anggaran perbaikan tiga pelabuhan penyeberangan yakni Mailepet, Tuapeijat, dan Sikakap. Pembangunan tiga pelabuhan itu masih dalam proses penyiapan dokumen pengelolaan lingkungan hidup.

“Beberapa pelabuhan baru yang akan dibangun sedang dalam proses studi kelayakan dan pembebasan lahan,” katanya.

Sementara itu pelabuhan Simabuk direncanakan sebagai pelabuhan marina. Prosesnya masih dalam tahap pembebasan lahan dan studi kelayakan.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabbagalet menargetkan dalam 25 tahun seluruh Mentawai yang terdiri dari 99 gugusan pulau sudah terkoneksi dengan transportasi yang memadai.

“Selain koneksi transportasi laut melalui pelabuhan-pelabuhan antar pulau, kami juga memperluas Bandara Rokot untuk koneksi dengan luar Mentawai,” katanya.

Dia menyebutkan perluasan bandara dilakukan dengan memperpanjang landasan pacu menjadi 1.500 meter dari sebelumnya 850 meter. Dengan landasan baru pesawat besar bisa terbang dari Mentawai ke Padang maupun sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper