Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kerja Logistik Tidak Hanya Soal Pelabuhan

Kementerian Perhubungan mengingatkan perbaikan kinerja logistik nasional tidak hanya dengan fokus pada sektor kepelabuhanan.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 11 Februari 2015  |  19:10 WIB
Kerja Logistik Tidak Hanya Soal Pelabuhan
Bisnis.com,JAKARTA--Kementerian Perhubungan mengingatkan perbaikan kinerja logistik nasional tidak hanya dengan fokus pada sektor kepelabuhanan.
 
Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R. Mamahit mengatakan sejauh ini pihaknya telah berupaya memperbaiki birokrasi instansinya di kepelabuhanan, seperti pecepatan pemberian izin, penyederhanaan prosedur dan penggunaan sistem informasi berbasis teknologi IT.
 
Diharapkan, langkah itu akan diiringi dengan perbaikan infrastruktur pelabuhan, sehingga kembali mempersingkat dwelling time yang saat ini mencapai 5,2 hari di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun dia mengingatkan, tingginya biaya logistik nasional tidak hanya disebabkan faktor kepelabuhanan.
 
"Itu semua bagian dari proses logistik," ujarnya, Rabu (11/2/2015).
 
Faktor lain yang menyebabkan biaya logistik itu antara lain seperti pergudangan dan akses jalan dari dan menuju pelabuhan. Akses jalan tersebut, merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemerintah daerah di mana lokasi pelabuhan berada.
 
Sebelumnya, pemerintah menargetkan penurunan biaya logistik nasional tahun ini menjadi hanya 19% dari produk domestik bruto dengan membentuk satuan tugas kepelabuhanan yang mencakup wilayah kerja di tujuh kementrian.
 
Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan satuan tugas atau task force itu akan mengevaluasi ongkos logistik nasional mencapai 24% dari produk domestik bruto (PDB).Dengan adanya satuan tugas itu, posisi Indonesia dalam Logistics Performance Index (LPI) World Bank diharapkan bisa membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan industri logistik
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top