Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PHRI Bali Usulkan Pola Check In Hotel 24 Jam

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Bali mewacanakan pola baru mengenai masalah kedatangan wisatawan, meliputi pola check in hotel 24 jam.
Natalia Indah Kartikaningrum
Natalia Indah Kartikaningrum - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  17:08 WIB
Ketua PHRI Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati menyatakan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang ke Bali sudah tentu menjadi tujuan para pelaku pariwisata. - Natalia Indah K.
Ketua PHRI Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati menyatakan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang ke Bali sudah tentu menjadi tujuan para pelaku pariwisata. - Natalia Indah K.

Bisnis.com, DENPASAR—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Bali mewacanakan pola baru mengenai masalah kedatangan wisatawan, meliputi pola check in hotel 24 jam.

Tjokorda Artha Ardana Sukawati—Cok Ace—, Ketua PHRI Bali, mengungkapkan selama ini beberapa penerbangan datang ke Bali memasukkan wisatawannya pada pagi hari, sedangkan wisatawan baru bisa masuk ke hotel setelah jam 12.00 waktu setempat.

Hal ini menjadi kendala karena tidak bisa langsung masuk ke kamar hotel.

“Contohnya saja kedatangan dari Jepang yang sampai ke Bali sekitar pukul 6 pagi kemudian wisatawan Jepang tersebut belum bisa langsung masuk ke hotel karena baru bisa check in setelah jam 12.00. Kasihan juga sudah datang jauh-jauh tapi tidak bisa langsung masuk ke hotel untuk beristirahat,” jelasnya, Jumat (30/1/2015).

Cok Ace mengatakan jika hotel mau menerima pola check in 24 jam, nantinya hitungan lama tinggal di hotel juga 24 jam. Misalkan wisatawan datang check in jam 6 pagi, kemudian check out-nya juga jam 6 pagi besoknya.

Sejauh ini sudah ada beberapa anggota PHRI Bali sendiri yang sudah mencoba pola tersebut dan menurutnya cukup efektif.

“Baru sedikit sekali anggota PHRI yang melakukan hal itu, hanya baru di bawah 10% saja. Kami terus sosialisasikan kepada anggota sehingga nantinya seluruh anggota PHRI bisa mencoba pola check in 24 jam ini,” paparnya.

Pihaknya menjelaskan kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus dan tidak mencoba untuk melakukan pola check in 24 jam akan menjadi persoalan tersendiri bagi dunia pariwisata di Bali.

Pelayanan yang terbaik bagi wisatawan yang datang ke Bali sudah tentu menjadi tujuan para pelaku pariwisata.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada anggota di setiap kesempatan pertemuan agar nantinya mereka bisa melakukan pola ini dan tidak menimbulkan persoalan bagi dunia pariwisata di Bali,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top