Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SISTEM PENGUPAHAN: Besar Upah Tak Lagi Berdasarkan UMP

Rapat pleno Lembaga Kerjasama Tripartit Nasional yang membahas program kerja 2015 menghasilkan kesepakatan untuk mengubah sistem pengupahan.
Demo buruh/Antara
Demo buruh/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Rapat pleno Lembaga Kerjasama Tripartit Nasional yang membahas program kerja 2015 menghasilkan kesepakatan untuk mengubah sistem pengupahan.

SIMAK: 12 Obat Alami Mengatasi Nyeri dan Bengkak di Kaki

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa sistem pengupahan tidak menggunakan patokan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota tapi disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

“Sistem pengupahan di industri padat karya dan usaha menengah sampai kecil harus dibedakan. Artinya upah ditentukan berdasarkan kondisi perusahaan,” kata Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan Irianto Simbolon, Rabu (28/1/2015).

Menurutnya, pembedaan sistem pengupahan ini diusulkan untuk melindungi eksistensi pelaku usaha kecil dan menengah yang selama ini merasa keberatan saat harus memberikan upah sesuai dengan upah minimum yang ditetapkan.

BACA JUGA: Foto-foto Michelle Obama Tak Berjilbab Bertemu Raja Arab

Dalam Inpres No. 9/2013 tentang Upah Minimum telah dijelaskan bahwa pemerintah bertugas mengarahkan penetapan upah minimum provinsi , dengan membedakan kenaikan untuk upah minimum industri UMKM dan industri padat karya dengan industri padat modal.

Irianto menambahkan, Kementerian Ketenagakerjaan akan menguatkan regulasi tersebut sehingga ada patokan jelas terhadap pengupahan industri dan usaha kecil menengah.

“Ini yang akan kami perkuat ke dalam regulasi. Kami akan memperkuat dunia usaha mikro menengah agar bisa eksis dengan penataan kebijakan pengupahan yang tidak harus sama dengan industri atrau perusahaan besar.”

Anggota LKS Tripartit dari unsur pengusaha Hasanuddin Rachman mengatakan pembedaan sistem pengupahan ini secara tidak langsung akan meningkatkan kepatuhan pengusaha dalam pembayaran upah.

"Intinya harud dibedakan upah perusahaan besar dengan perusahaan menengah sampai perusahaan kecil," tegasnya. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

SISTEM PENGUPAHAN: Pemerintah Diminta Beri Insentif ke UKM

Lock & Lock Indonesia Gelar "We Care We Share"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper