Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sulut Berpotensi Hasilkan Energi 1.000 MW

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengklaim potensi sumber energi di daerah tersebut mencapai 1.000 MW, tetapi hingga saat ini baru terealisasi 60 MW.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 17 November 2014  |  13:04 WIB

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengklaim potensi sumber energi di daerah tersebut mencapai 1.000 MW, tetapi hingga saat ini baru terealisasi 60 MW.

Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang mengakui hal itu disebabkan banyaknya masalah birokrasi dan aturan yang perlu ditinjau ulang sehingga menghalangi investor masuk. Bahkan, kondisi itu menyebabkan kelangkaan pasokan listrik di daerah berjuluk Bumi Nyiur Melambai itu.

“Potensi sumber energi yang ada di Sulut sangat banyak, mulai dari matahari, angin, sungai, gelombang laut, hingga arus laut, terlebih geotermal juga melimpah yang mampu menghasilkan 1.000 MW. Namun sayang sampai saat ini sudah sekitar 20 tahun baru menghasilkan 60 MW,” ujarnya saat menerima kunjungan Dewan Energi Nasional di Kantor Gubernur Sulut, Senin (17/11/2014).

Terkait dengan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Sarundajang mengatakan kepada tim dari Dewan Energi Nasional bahwa Sulut mempunyai tiga kabupaten kepulauan yang memerlukan energi.

Menurutnya, interkoneksi antarpulau yang jauh menyebabkan terjadinya kesulitan pasokan energi. Bahkan, harga bahan bakar minyak (BBM) di daerah kepulauan tersebut sudah lebih mahal dua kali lipat dari Kota Manado dan sekitarnya, padahal pemerintah belum menaikkan harga BBM bersubsidi.

Jika pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM, maka harga BBM di kepulauan semakin melonjak. “Apalagi di tiga kabupaten kepulauan ini hanya terdapat satu depo Pertamina. Dengan demikian, kalau tidak ada BBM, masyarakat sangat dirugikan dan terkadang tidak beraktivitas,” tegasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sarundajang sulawesi utara pembangkit listrik sulut Sinyo Harry Sarundajang
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top