Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangka Panjang, Kemasan Polos Rokok Rugikan Petani

Ada dampak jangka panjang yang akan merugikan petani tembakau di Tanah Air bila penerapan kemasan polos di Australia tetap berjalan, bahkan diikuti oleh negara lain. Ancaman tersebut menurutnya adalah kecenderungan bakal turunnya nilai ekspor tembakau Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Ada dampak jangka panjang yang akan merugikan petani tembakau di Tanah Air bila penerapan kemasan polos di Australia tetap berjalan, bahkan diikuti oleh negara lain. Ancaman tersebut menurutnya adalah kecenderungan bakal turunnya nilai ekspor tembakau Indonesia.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional APTI Budidoyo mengatakan sturan kemasan polos ini juga menjadi salah satu program turunan yang telah dirumuskan oleh FCTC, sehingga menurutnya bila pemerintah Indonesia ikut meratifikasi, bukan tidak mungkin aturan serupa bakal diterapkan di industri rokok nasional.

“Sehingga jika ini tidak segera diantisipasi, kebijakan tersebut bakal mengancam keberlangsungan keberadaan petani tembakau dan cengkeh di Indonesia, karena sesuai aturan FCTC ada langkah sistematis untuk menerapkan berbagai regulasi itu di negara yang sudah meratifikasinya,” katanya Jumat (7/11/2014).

Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) mendukung Pemerintah Indonesia yang telah melayangkan protes resmi ke Pemerintah Australia, terkait penerapan kemasan polos (plain packaging) produk rokok. Jika protes tidak digubris, asosiasi menuntut Australia terapkan kemasan polos pada produk  minuman beralkohol produksi negeri kangguru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper