Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aturan Wajib Tayang di Televisi Bisa Dongkrak Animasi Lokal

Ketua Komite Tetap Bidang Animasi dan Game Kamar Dagang dan Industri Ardian Elkana mengatakan pemerintah bisa memulai dengan membuat aturan wajib tayang animasi lokal minimal dua jam per minggu di stasiun televisi Tanah Air.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komite Tetap Bidang Animasi dan Game Kamar Dagang dan Industri Ardian Elkana mengatakan pemerintah bisa memulai dengan membuat aturan wajib tayang animasi lokal minimal dua jam per minggu di stasiun televisi Tanah Air.

"Sehingga produk lokal mendapatkan tempat dan penonton dengan aturan ini. Bila berjalan baik, aturan ini bisa ditingkatkan menjadi tayang minimal lima jam dalam sepekan," katanya kepada Bisnis Sabtu (11/10/2014).

Aturan semacam ini terbukti efektif mendorong produktifitas animator dan developer game di Republik Rakyat Tiongkok. Di mana saat ini industri animasi dan games menjadi salah satu sektor yang menyumbang pemasukan cukup besar bagi ekonomi negara Tirai Bambu tersebut.

Potensi besar lainnya juga datang dari penerapan multimedia dalam sistem pengajaran nasional lewat kurikulum 2013, di mana 90% kontennya sudah diisi oleh pemain lokal dan yang perlu ditingkatkan adalah penerapan multimedia berbasis pengayaan.

Selain itu, Ardian mengatakan perlu adanya pembinaan SDM animator dan developer yang telah ada sehingga punya daya saing yang lebih baik jelang penerapan pasar bebas Asean tahun depan. Bibit baru SDM ini juga perlu terus dilanjutkan dengan membuka pusat pendidikan animasi dan games berstandar internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper