Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peleburan BUMN Pelabuhan, Biaya Logistik Lebih Efisien

Supply Chain Indonesia menilai rencana peleburan BUMN operator pelabuhan akan meningkatkan efisiensi dan berkontribusi secara signifikan terhadap efisiensi biaya logistik nasional.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 06 Oktober 2014  |  20:22 WIB
Bisnis.com,JAKARTA--Supply Chain Indonesia menilai rencana peleburan BUMN operator pelabuhan akan meningkatkan efisiensi dan berkontribusi secara signifikan terhadap efisiensi biaya logistik nasional.
 
Setijadi, Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) mengatakan, rencana Kementerian BUMN membentuk holding BUMN pelabuhan perlu mendapatkan dukungan berbagai pihak. Langkah ini dinilai merupakan bagian dari program perampingan jumlah BUMN, memperbaiki struktur bisnis BUMN secara menyeluruh, serta meningkatkan efisiensi dan kinerja BUMN.
 
Dengan peningkatan efesiensi operator pelabuhan tersebut, imbuhnya, akan mendorong operator-operator pelabuhan nasional berkelas dunia dan berkontribusi secara signifikan terhadap efisiensi biaya logistik nasional.
 
Keberhasilan holding BUMN pelabuhan tidak hanya diukur dari pencapaian profit, namun juga benefit yang diperoleh para pengguna dan dampaknya terhadap efisiensi logistik nasional, ujarnya, Senin (6/10/2014).
 
Menurutnya, sebelum melebur seluruh operator pelabuhan, Kementerian BUMN perlu mempertimbangkan bentuk holding BUMN pelabuhan sesuai dengan karakteristik bisnis kepelabuhanan di Indonesia.
 
Saat ini, masing-masing Pelindo memiliki cakupan wilayah yang luas dengan banyak pelabuhan yang harus dikelola, sehingga dalam holding tersebut sebaiknya setiap Pelindo tetap mengelola pelabuhan masing-masing.
 
Pelindo I-IV menjadi Operating Holding, sedangkan Pelindo II yang berpengalaman mengelola pelabuhan-pelabuhan dengan volume yang lebih besar, menjadi induk holding sebagai Strategic and Investment Holding.
 
Nantinya, strategic and investment holding berperan terutama dalam perencanaan dan pengembangan sinergi rencana strategis, sinergi investasi, integrasi dan sinergi pelayanan, peningkatan pengendalian proses bisnis, serta peningkatan efisiensi dan daya saing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan biaya logistik
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top