Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Tegal Bahari Diluncurkan Layani Rute Tegal-Gambir Jakarta PP

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali meluncurkan produk layanan bernama KA Tegal Bahari yang melayani rute TegalGambir Jakarta/PP pada Sabtu 4 Oktober 2014, pukul 16.30 WIB, di Stasiun Tegal.

Bisnis.com, SEMARANG--PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali meluncurkan produk layanan bernama KA Tegal Bahari yang melayani rute Tegal–Gambir Jakarta/PP pada Sabtu 4 Oktober 2014, pukul 16.30 WIB, di Stasiun Tegal.

Peluncuran KA ini merupakan bentuk rebranding dari KA Cirebon Ekspres relasi Tegal–Gambir Jakarta /pp.

Karena itu guna memberikan nilai informatif sekaligus kebanggaan bagi para penumpang khususnya di wilayah Tegal, maka nama Cireks (Cirebon Ekpress) diganti menjadi KA Tegal Bahari.

Adapun yang menjadi daya tarik dari KA Tegal Bahari ini adalah dari tampilan interior maupun eksterior gerbong kereta yang mempunyai tampilan khas berupa ornamen batik tegalan.

Gagasan untuk memasang ornamen batik tegalan ini berasal dari Walikota Tegal, Siti Mashita Soeparno, saat bertemu dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, pada tanggal 6 Agustus 2014.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tegal meminta agar PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat mempromosikan desain batik dan potensi Kota Tegal pada branding kereta api yang pemberangkatan awalnya dari Stasiun Tegal.

Selain ide hiasan batik tegalan, nama Tegal Bahari juga berasal dari permintaan Walikota Tegal.

Saat itu, beliau menyampaikan tentang adanya KA Eksekutif / Bisnis yang pemberangkatan awalnya dari Stasiun Tegal, namun bernama KA Cirebon Ekspres.

Hal ini, menurut Walikota Tegal bisa membuat binggung masyarakat penguna jasa kereta api di wilayahnya, Kemudian Dirut PT KAI menawarkan kepada Walikota Tegal untuk mengusulkan nama baru.

“Pak Jonan memberikan waktu kepada saya selama lima menit untuk memikirkan nama. Lalu saya bilang tidak usah lama-lama, namanya Tegal Bahari,” ujar Walikota Tegal, Mashita, Sabtu (4/10).

Mengenai besaran tarif, Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto mengatakan untuk KA Tegal bahari sama dengan KA Cireks relasi Jakarta – Tegal sebesar Rp 80.000 s/d Rp 230.000.

Susunan rangkaiannya terdiri dari empat gerbong kereta kelas eksekutif dan tiga gerbong kereta kelas bisnis, dengan total daya kapasitas tampung penumpang berjumlah 392 orang.

Adapun jadwal pemberangkatan KA Tegal Bahari diantaranya:

Jadwal KA TEGAL BAHARI Relasi Stasiun Tegal – Stasiun Gambir

KA 59, jam berangkat st.tegal 06:00 WIB, tiba di stasiun gambir 10:33 WIB

KA 65 jam berangkat dari st.tegal jam 16:30 WIB, tiba di stasiun gambir jam: 21:11 WIB

Jadwal KA TEGAL BAHARI Relasi Stasiun Gambir – Stasiun Tegal

KA 62 , jam berangkat dari st. Gambir jam 11:10 WIB, jam datang di stasiuin tegal jam 15:21 WIB

Ka 66, jam berangkat dari stasiiun gambir jam 18:35 WIB, tiba di stasiun tegal jam 22:48 WIB

Diharapkan dengan peluncuran KA Tegal Bahari ini, perkembangan transportasi perkeretaapian di wilayah Kota Tegal dapat semakin berkembang, seiring dengan peningkatan animo masyarakat Kota Tegal terhadap kebutuhan akan layanan transportasi massal berbasiskan rel ini.

Pada akhirnya, kontribusi perkembangan transportasi kereta api tersebut dapat memberikan kontribusi langsung bagi pembangunan Kota Tegal sebagai Kota Bahari dan tujuan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper