Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sharif: Inovasi Tingkatkan Daya Saing Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mengembangkan inovasi dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan.
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif C Sutardjo (tengah)./ANTARA
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif C Sutardjo (tengah)./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mengembangkan inovasi dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan inovasi dan teknologi memiliki merupakan salah satu aspek yang menentukan untuk meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia di tingkat global.

"Di sisi lain, pemerintah juga dituntut untuk terus memperkuat daya saing bangsa menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015 dan berkontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa Indonesia ke depan," katanya pada upacara pengukuhan Profesor Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, (29/9/2014).

Menurut World Economic Forum, Indonesia pada 2014 berada pada peringkat 34 dari 144 negara yang disurvei dalam pemeringkatan daya saing ekonomi di tingkat global. Pencapaian ini membaik empat peringkat dibandingkan posisi tahun sebelumnya yang berada di posisi 38.

Di kawasan Asia Tenggara, daya saing Indonesia masih  berada pada peringkat 4. Adapun menurut Global Innovation Index (GII), Indonesia berada pada peringkat 87 dari 143 negara atau turun 2 peringkat dari tahun sebelumnya.

“Mencermati hal tersebut, maka kita harus bekerja keras untuk terus menciptakan berbagai inovasi agar bangsa Indonesia dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia,” ajak Sharif.

Sharif mengatakan, hingga saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) telah banyak menghasilkan inovasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Di antaranya mencakup teknologi kelautan, penangkapan dan produksi ikan, teknologi pengolahan dan produk turunannya serta inovasi dalam kelembagaan kelautan dan perikanan. 

Dia berharap berbagai inovasi tersebut dapat memperluas dan meningkatkan diversifikasi produk ekspor, meningkatkan pemenuhanstandar dan persyaratan pasar internasional, promosi dan branding produk ekspor perikanan. 

"Sehingga KKP memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para peneliti untuk dapat berkontribusi dalam mengembangkan inovasi dan teknologi sebagai upaya memperkuat kapasitas ilmiah kelautan dan perikanan," jelasnya.

Sharif menambahkan, pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) secara bertahap akan menjadikan ASEAN semakin terintegrasi dengan pasar global. Pasalnya, daya saing menjadi kunci penting agar Indonesia dapat berjaya di pasar global tersebut.

“Implementasi kebijakan industrialisasi berbasis prinsip blue economy menjadi penting karena dapat meningkatkan produksi, produktivitas, dan nilai tambah produk kelautan dan perikanan yang berdaya saing tinggi, serta berorientasi pasar,” ujar Sharif.

Selain itu Sharif menegaskan bahwa pembangunan sektor kelautan dan perikanan tidak selalu dititikberatkan pada upaya peningkatan produksi. Melainkan pada upaya bagaimana komoditas dan produk perikanan dapat memberikan nilai tambah dan daya saing.

Peningkatan produksi dalam hal ini kuantitas tetap penting, katanya.  Namun tak kalah lebih penting lagi adalah bagaimana meningkatkan kualitas produk hasil perikanan dengan tetap memperhatikan kelestarian sumberdaya alam.

“Aspek lain yang harus kita cermati di dalam industrialisasi selain keberlanjutan sumberdaya, adalah usaha dan kelembagaan. Karena itu, untuk pengembangan perikanan budidaya, selain seleksi komoditas unggulan, teknologi yang efektif dan efesien juga sangat diperlukan,” kata Sharif.

Sebagai gambaran, saat ini inovasi dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual/Paten para peneliti di bidang kelautan dan perikanan berjumlah 48 paten dan dua diantaranya paten internasional.

Dia mengatakan hal ini masih perlu ditingkatkan mengingat jumlah peneliti saat ini mencapai 535 orang. Untuk itu, para peneliti dituntut untuk mampu menghasilkan teknologi yang aplikatif, bersifat mudah, murah dan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper