Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan Lansia Jadi Peluang Bisnis Pariwisata

Tingginya tingkat kunjungan wisatawan lanjut usia dinilai menjadi peluang bagi pengembangan pariwisata dengan fasilitas dan pelayanan khusus.

Bisnis.com, CIKARANG—Tingginya tingkat kunjungan wisatawan lanjut usia dinilai menjadi peluang bagi pengembangan pariwisata dengan fasilitas dan pelayanan khusus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan selama ini tingkat kunjungan wisatawan lansia ke sejumlah wilayah di Indonesia sangat tinggi.

Terutama wisatawan dari luar negeri, jelasnya, akan menghabiskan waktu yang cukup panjang untuk berwisata.

"Dari dalam negeri juga ada. Yang dari luar sangat tinggi, seperti dari Jepang, dengan jangka waktu stay hingga 3 bulan," jelasnya di sela-sela seremoni grand opening Senior Living @D'Khayangan, Kamis (25/9).

Kondisi tersebut, lanjut Mari, akan menjadi potensi bagi pengembangan pariwisata nasional dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan khusus bagi lansia. Keberadaan fasilitas tersebut, ungkapnya, akan mendorong peningkatan jumlah wisatawan.

"Mereka akan lebih lama tinggal dan juga bisa mengunjungi lebih banyak destinasi pariwisata di Nusantara," katanya.

Kendati begitu, Mari menuturkan banyak hal yang mesti dipersiapkan guna menyediakan fasilitas khusus tersebut, terutama terkait standar pelayanan wisata seperti  sarana dan prasarana infrastruktur, serta sumber daya manusia.

Menurutnya, standarisasi tersebut akan terkait dengan sejumlah kementerian.

"Menyediakan fasilitas keperluan khusus seperti ini perlu dipersiapkan, misalnya bagi pelayanan wisatawan Jepang, dokter yang menanganii minimal bisa berbahasa Jepang. Jadi menciptakan rasa comfortable," jelasnya.

Dalam kesemptan yang sama, Presiden Direktur PT Jababeka Tbk. S.D. Darmono menuturkan fasilitas pariwisata khusus bagi wisatawan lansia sudah menjadi kebutuhan dengan tinggginya aktifitas ekspatriat di Indonesia. Oleh karena itu, jelasnya, perseroan menyediakan Senior Living @D'Khayangan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Ada 10.000 ekspatriat di sini, khususnya asal," ungkapnya.

Dia menjelaskan proyek fasilitas tersebut direalisasikan oleh Jababeka Longlife City, perusahaan patungan PT Jababeka Tbk. dengan perusahaan asal Jepang, Long Life Holding Co.Ltd. Fasilitas tersebut menawarkan unit apartemen dan villa dengan sejumlah layanan bagi lansia, seperti care center serta senior college.

"Dengan standar yang sama, wisatawan Jepang akan ke sini, dan wisatawan kita juga akan ke Jepang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper