Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panorama Gandeng GIZ Kembangkan Desa Wisata Lombok

Panorama Foundation bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fr Internationale Zusammenarbeit kembangkan desa wisata Sekarbela dan Bayumulek, Lombok NTB.

Bisnis.com, JAKARTA - Panorama Foundation bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit kembangkan desa wisata Sekarbela dan Bayumulek, Lombok NTB.

Ketua Panorama Foundation Bondan Nurdiyanto mengatakan pengembangan desa wisata ini sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya kapasitas penduduk desa, dan promosi desa di pasar lokal dan mancanegara.

Adapun program ini diimplementasikan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing di daerah.

Selain itu, sektor dipilih dengan meningkatkan kapasitas mitra publik dan swasta untuk pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di tingkat nasional dan daerah, yaitu di Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan NTB, salah satunya melalui pengembangan pariwisata berkelanjutan dan hijau (Sustainable and Green Tourism).

Kesepakatan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan beberapa hari lalu di kantor Panorama Foundation yang diwakili oleh Zulazmi - Deputy Country Director GIZ Indonesia, Frank Bertelmann - Principal Advisor RED, Bondan Nurdiyanto - Chairman Panorama Foundation dan AB Sadewa - Vice Chairman Panorama Foundation.

“Kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya antara Panorama Foundation dengan lembaga internasional untuk pengembangan Desa Wisata Hijau,” tuturnya Jumat (19/9/2014).

Program pelatihan tour guide akan segera dimulai awal Oktober, pembuatan narasi desa, aktifitas CSR bagi para turis, promosi desa kepada turis mancanegara dan pelatihan di bidang hospitality menjadi isi dari MoU yang telah ditandatangani.

“Diharapkan ke depannya dapat mencapai tujuan bersama yakni pengembangan desa yang maksimal dengan memperhatikan sinergi antara pengembangan lingkungan, sosial dan ekonomi”, katanya.

Pada sisi lain Banyumulek merupakan salah satu desa wisata di Pulau Lombok yang terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat yang berjarak 14 kilometer jika ditempuh dari Kota Mataram.

Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Sementara Desa Sekarbela terletak di Kelurahan Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang terkenal dengan sentra produk perhiasan emas dan mutiara.

Mutiara-mutiara yang dijual di Desa Sekarbela adalah mutiara asli hasil budi daya air laut dan air tawar yang kualitasnya tidak kalah dengan mutiara dari negara lain seperti Australia, Tahiti, Myanmar, dan Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper