Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPB: Industri Perunggasan Harus Segera Bebenah

Kalau bisnis perunggasan tidak benar-benar bebenah maka akan tersaingi atau kalah dengan perunggasan negara Asia Tenggara lainnya.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA –Pelaku usaha di bidang perunggasan di tanah air diminta melakukan perbaikan secepat mungkin.

Direktur Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB (MB-IPB) Arief Daryanto mengatakan kalau bisnis perunggasan tidak benar-benar bebenah maka akan tersaingi atau kalah dengan perunggasan negara Asia Tenggara lainnya.

Arief mengatakan permintaan produk peternakan ke depan akan meningkat sesuai dengan pertumbuhan penduduk. 

“Negara yang sudah maju terus didukung untuk maju, dan negara yang belum maju harus terus dibantu agar tetap bisa bersaing,” kata Arief, Kamis kemarin.

Menurutnya, pasar bebas Asean menjadi ujian awal sebelum menghadapi pasar global.

Sementara itu usaha peternakan tak jarang selalu dipengaruhi kondisi makro ekonomi perdagangan dunia.

“Ketika nilai tukar rupiah lemah terhadap dolar AS, otomatis mempengaruhi industri peternakan dari hulu sampai ke hilir. Dengan gambaran makro ekonomi Indonesia itu, pelaku usaha peternakan harus bekerja lebih keras terutama saat menghadapi MEA 2015,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Arief, Indonesia memiliki potensi perunggasan yang sangat besar. Pasar dalam negeri yang sangat besar dan masih ada peluang ekspor.

Dia mengatakan sektor ini berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional karena bisa menyerap tenaga kerja kurang lebih 2,5 juta orang.

“Terbukanya lapangan kerja di pedesaan dengan adanya usaha peternakan unggas sehingga dapat menghambat laju urbanisasi ke kota,” paparnya.

Di samping itu, tambahnya, perunggasan juga merupakan faktor penggerak industri terkait lainnya di bidang pertanian, antara lain usaha budi daya jagung, usaha dedak padi dan sebagainya dengan total omzet industri ini mencapai Rp120 triliun per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper