Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HOLDING BUMN PERKEBUNAN: Terbentuk Sebelum Pemerintahan Baru

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan pembentukan Holding BUMN Perkebunan dan Holding BUMN Kehutanan rampung sebelum terbentuknya pemerintahan baru.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 17 Agustus 2014  |  14:20 WIB
HOLDING BUMN PERKEBUNAN: Terbentuk Sebelum Pemerintahan Baru
Perkebunan teh - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan pembentukan Holding BUMN Perkebunan dan Holding BUMN Kehutanan rampung sebelum terbentuknya pemerintahan baru.

"Peraturan Pemerintah (PP) pembentukan holding Kebun dan Kehutanan diperkirakan keluar akhir September 2014," kata Dahlan usai upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-69 RI di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Menurut Dahlan, surat persetujuan pembentukan holding BUMN Kebun dan Kehutanan dari Presiden Susilo Bambang Yudhono sudah dikeluarkan 8 Agustus 2014.

"Presiden sudah setuju, tinggal menunggu PP-nya," paparnya.

Dengan demikian, sebelum pelantikan presiden dan wapres baru pada 20 Oktober 2014, holding BUMN perkebunan sudah terbentuk. 

Pada Sabtu (16/8/2014),  menurut Dahlan, dia sudah memanggil seluruh direksi dan komisaris PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-XIV, dan PT Inhutani I-IV.

"Semua pertanyaan soal pembentukan holding dari direksi dan termasuk dari Serikat Pekerja kedua BUMN tersebut sudah dijelaskan. Semuanya 'clear', pasti dilaksanakan. Ini keputusan negara," tegasnya seperti dikutip Antara.

Menurut catatan Bisnis, pembentukan holding BUMN Perkebunan dan Kehutanan merupakan bagian dari program "right sizing" (perampingan jumlah) BUMN, sehingga lebih efisien dan menciptakan perusahaan kebun "plat merah" berskala besar.

Kementerian BUMN dalam kajiannya menyebutkan dengan terbentuknya holding BUMN Perkebunan maka diproyeksikan mampu menciptakan laba bersih naik hingga 400%, dibanding berdiri sendiri yang masing-masing tumbuh 3,5%  per tahun.

Dalam dua tahun terbentuknya Holding Perkebunan, diharapkan kinerja keuangan BUMN di sektor ini mampu menyamai perkebunan swasta terbaik di Tanah Air yang rata-tumbuh 16% per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holding bumn
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top