Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALITAS SEKOLAH & PENDIDIKAN PENERBANGAN Indonesia Diakui Internasional

Indonesia makin diakui oleh dunia penerbangan internasional sebagai lokasi pelatihan dan pendidikan tenaga kerja di bidang penerbangan sipil, sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization atau ICAO.
Sekolah Pilot/Antara
Sekolah Pilot/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia makin diakui oleh dunia penerbangan internasional sebagai lokasi pelatihan dan pendidikan tenaga kerja di bidang penerbangan sipil, sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization atau ICAO.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Judie Asri Sirompul mengatakan pihaknya sudah mendapatkan sertifikat keanggatoaan penuh ICAO Trainair Plus.

“Hal in ini berarti sekolah penerbangan milik pemerintah yakni STPI Curug, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Terbang Banyuwangi serta Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar sudah memenuhi standar ICAO,” ujarnya, Rabu (13/8/2014).

Perwakilan ICAO Mustafa Hamidi mengatakan pihaknya memang telah mengakui Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki keanggotaan penuh pelatihan penerbangan udara karena sudah menerapkan berbagai ketentuan sesuai standar internasional agar bisa menghasilkan lulusan yang handal.

“Ke depan perlu ada strategi penyeragaman standar pelatihan penerbangan di Indonesia maupun di negara lain yang sesuai dengan standar internasional. Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua,” tuturnya.

Menurutnya, industri penerbangan global mengalami pertumbuhan yang pesat di mana menurut catatan ICAO, kebuthan akan penerbang di tingkat global sampai dengan 2030 adalah 980.799 orang dan kebutuhan akan teknisi pesawat sampai 2030 mencapai 1.164.969 orang.

Indonesia saat ini baru menyumbang tenaga penerbang sebanyak 600 orang pertahun yang dihasilkan oleh berbagai sekolah penerbang milik pemerintah maupun swasta. Sementara teknisi pesawat setiap tahunnya mencapai 800 orang.

Sebagai wujud pengakuan serta ingin mengenalkan dunia penerbangan Indonesia, PPSDM Angkutan Udara Kemenhub menyelenggarakan seminar internasional pendidikan penerbangan sipil Rabu pagi. Semintar tersebut menurutnya sebagai sarana komunikasi para pemangku kepentingan industri penerbangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut berbagai pihak dari dalam dan luar negeri termasuk ICAO, Incheon Aviation Academy, Korea Selatan, serta Joint Aviation Authorities Training Organisation, Belanda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper