Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2014: Jalur Pantai Utara Jembatan Comal Padat

Jalur pantai utara Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang-Jawa Tengah terpantau lancar kendati mulai dipadati oleh pemudik.
 Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub
Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub

Bisnis.com, PEMALANG –Jalur pantai utara Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang-Jawa Tengah terpantau lancar kendati mulai dipadati oleh pemudik.

Seperti dikutip Antara,  mobil pribadi dengan nomor polisi B, F, D, BE, dan A tampak beriring-iringan dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang).

Dibukanya jalur Jembatan Comal pada Kamis, sekitar pukul 03.30 WIB, ternyata juga belum banyak diketahui pemudik sehingga banyak di antara mereka melalui jalur alternatif.

Arus mudik tampak mulai padat merayap setelah keluar dari jembatan Spait hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wiradesa karena banyak pemudik yang sekadar beristirahat dan keluar masuk SPBU itu.

Kepadatan arus lalu lintas kendaraan pemudik juga terlihat di jalur alternatif pertigaan Pasar Comal. Arus lalu lintas kendaraan dari arah timur (Kota Pekalongan) menuju barat (Comal, Kabupaten Pemalang) lancar.

Pemudik berasal dari Ngawi, Jawa Timur, Sriyanto, mengaku tidak mengetahui jika Jembatan Comal sudah bisa dilalui kendaraan pada Kamis pagi.

Dirinya bersama keluarganya menempuh waktu sekitar enam jam dari jalur pantura Kota Pemalang menuju Comal dengan melalui jalur alternatif yang berjarak sekitar 30 kilometer.

"Saat itu, kami sampai di Kota Pemalang Rabu (23/7) sekitar pukul 23.00 WIB tetapi sampai di SPBU Comal pukul 05.10 WIB. Kami tidak tahu jika Jembatan Comal sudah bisa dilalui kendaraan," katanya.

Dia mengatakan bersama keluarganya berangkat dari Jakarta, Rabu (23/7) sekitar pukul 10.00 WIB dan mengalami kemacetan sebanyak dua kali, yaitu di Tol Cikampek dan Kota Pemalang.

"Arus mudik kendaraan di pantura masih relatif lancar. Hanya saja kami terjebak kemacetan cukup lama di jalur alternatif Pemalang karena tidak mengetahui jika Jembatan Comal sudah dibuka Kamis pagi," katanya.

Petugas Pos Pengamanan I Comal Brigadir Polisi Cahyo Riyadi mengatakan jalur di Jembatan Comal mulai dibuka Kamis pagi dan hanya dikhususkan untuk satu arah, yaitu dari barat (Jakarta) menuju timur (Semarang).

"Kepadatan arus lalu lintas masih terpantau lancar karena Jembatan Comal hanya bisa digunakan untuk arus mudik dari Jakarta menuju Semarang, sedang pada jalur pertigaan dekat Jembatan Comal, kami pasang barikade agar tidak menimbulkan kemacetan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper