Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada, 3 Daerah Ini Diramalkan Langka Air Galon

Daerah Jabodetabek, Serang, Bandung, dan sekitarnya diprediksi akan mengalami kelangkaan air minum dalam kemasan (AMDK), termasuk air galon, pada masa libur Lebaran tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA—Daerah Jabodetabek, Serang, Bandung, dan sekitarnya diprediksi akan mengalami kelangkaan air minum dalam kemasan (AMDK), termasuk air galon, pada masa libur Lebaran tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) Hendro Baruno mengatakan kelangkaan tak dapat terhindarkan karena pasokan dan distribusi akan terhenti mengikuti ketentuan larangan dari Kementerian Perhubungan.

“Kemenhub sudah menetapkan larangan bagi truk untuk jalan terhitung sejak H-4 sampai H+1. Bahkan, yang lebih memberatkan Kab.Sukabumi baru menetapkan larangannya H-7 sampai H+7,” ujarnya, Selasa (22/7/2014).

Dia mengungkapkan distribusi air minum kemasan selama ini mengandalkan truk gandeng yang ber-as tiga sampai empat. Ketentuan dari Kab.Sukabumi, sambungnya, secara tegas melarang truk lebih dari dua as.

“Hampir 90% pasokan AMDK untuk Jabodetabek, Serang, dan juga Bandung itu berasal dari daerah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Jadi memang pasokan akan mengalamui kendala transportasi,” katanya.

Menurut dia, di luar daerah Jabodetabek, Serang, dan Bandung, seperti untuk daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, pasokan diperkirakan akan tetap aman.

“Jadi saran saya bagi konsumen yang akan kembali ke Jakarta untuk membawa air kemasan dari daaerahnya sebagai persediaan,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper