Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BEA KELUAR MINERAL: Dirut Indosmelt Sesalkan Peraturan Menkeu

Direktur Utama PT Indosmelt Natsir Mansyur menyesalkan adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.6/2014 tentang bea keluar mineral sebesar 20%. Karena kebijakan ini membuat bisnis mineral tidak jalan.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 26 Juni 2014  |  20:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Direktur Utama PT Indosmelt Natsir Mansyur menyesalkan adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.6/2014 tentang bea keluar mineral sebesar 20%. Karena kebijakan ini membuat bisnis mineral tidak jalan.

“Banyak perusahaan tambang yang mengalami kerugian akibat pemberlakuan BK mineral sebesar itu. Kami benar-benar menyesalkan sikap pemerintah ini,” katanya, Kamis (26/6/2014).

Dia menjelaskan selain penutupan usaha, perusahaan tambang juga terimpit kredit macet, pemutusan hubungan kerja dan lebih jauh ekonomi daerah yang mengandalkan tambang menjadi merosot. Selain itu, setoran pajak mineral juga berkurang jauh.

“APBN negara juga akan terimbas lantaran pendapatan pajak dari sektor ini tidak ada,” jelasnya.

Lebih jauh, dia menilai implementasi undang-undang mineral dan batubara tidak optimal meskipun sudah berjalan selama 7 bulan terhitung sejak pembatasan ekspor yang diteken pada 12 Januari 2014.

“Pelaku usaha mulai merasakan lesunya bisnis di sektor ini. Semua ini karena sikap pemerintah yang lamban dalam menetapkan kebijakan untuk mendorong sektor industri berkembang,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mineral bea keluar mineral
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top