Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menparekraf Tinjau Pusat Ekonomi Kreatif Solo

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengunjungi sejumlah pusat pengembangan ekonomi kreatif di Solo, yang telah diajukan untuk mendapat pengakuan sebagai Kota Kreatif dari UNESCO.

Bisnis.com, SOLO—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengunjungi sejumlah pusat pengembangan ekonomi kreatif di Solo, yang telah diajukan untuk mendapat pengakuan sebagai Kota Kreatif  dari UNESCO.

Mari beserta rombongan mengunjungi Pasar Klewer, Batik Keris serta Rempah Rumah Karya. Dia ditemani pejabat dan staf Kemenparekraf serta perwakilan pemerintah daerah setempat.

Mari mengatakan keberadaan Pasar Klewer harus dipertahankan sebagai pusat perdagangan batik yang mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat.“Pasar Klewer harus hidup terus,” katanya Selasa (23/6/2014).

Menurutnya, berbagai jenis batik dari Solo maupun daerah lain seperti Cirebon dan Pekalongan dapat ditemukan di sana. Dia juga mengaku selalu menemukan produk baru setiap mengunjungi pasar tersebut, hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat Solo kreatif dalam berkarya.

Di pasar tersebut, dia berdialog dengan pengurus pasar dan pedagang. Mari juga menyempatkan berbelanja kain batik, pakaian dengan bahan batik serta aksesoris.

Sementara di Batik Keris, Mari mengamati proses pembuatan batik di pabrik serta mengunjungi kantor pusat. Dia juga mendatangi salah satu toko Batik Keris.

Di Rempah Rumah Karya, Mari berdiskusi dengan orang-orang kreatif seperti arsitek, seniman, dan beberapa komunitas.

Pada hari sebelumnya yaitu Senin (24/6/2014), dia membuka gelaran Solo Batik Carnival (SBC) dan mengikuti pawai yang disambut antusias oleh masyarakat Solo.

Setelah itu, dia menyempatkan berdialog dengan perwakilan dari berbagai sanggar seni, dialog berlangsung di Sanggar Seni Semarak Candrakirana Art Center.

Menurut Mari, hasil dari UNESCO tentang Kota Kreatif akan diumumkan pada Oktober 2014. Solo, lanjutnya, diajukan untuk mendapatkan pengakuan sebagai Kota Kreatif dari UNESCO bersama Denpasar, Bandung, Yogyakarta, dan Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper