Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chitose Kembangkan Produk Berbasis Kayu Olahan

PT Chitose Internasional berencana akan kembali mengembangkan produk berbasis kayu olahan di tahun depan sebagai pengembangan bisnis perseroan.
Kayu olahan. Chitose Kembangkan Produk Berbasis Kayu Olahan/Antara
Kayu olahan. Chitose Kembangkan Produk Berbasis Kayu Olahan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen kursi PT Chitose Internasional berencana akan kembali mengembangkan produk berbasis kayu olahan di tahun depan sebagai pengembangan bisnis perseroan.

Dedie Suherlan, Presiden Direktur Chitose Internasional‎, menuturkan hal itu sejalan dengan target beroperasinya pabrik baru perseroan di akhir 2014, atau selambatnya di awal 2015.

Untuk diketahui, produk kayu pernah diproduksi Chitose di tahun 90-an dengan tujuan ekspor ke Jepang, namun dihentikan karena pemerintah saat itu melarang ekspor produk berbahan baku kayu ramin.

“Selama 35 tahun kami dikenal dengan produk berbasis metal atau steel. Dengan peningkatan daya beli dan model berbasis kayu yang mulai diminati, kami coba kembangkan itu, apalagi nilai jual wood base kan tinggi,” katanya, Jumat (9/5/2014).

Timotius J. Paulus, Direktur Chitose Internasional, menjelaskan untuk pabrik baru ini, perseroan akan mencoba varian baru, tidak semata generik dengan produk yang ada.

“Pabrik itu akan melengkapi kategori kami. Jadi material dasar kayu olahan. Target pasar sudah ada, yakni upper category, biar merata. Kapasitas sedang dijajaki,” ujarnya.

Menurutnya, wood base dimaksud adalah model tampilan (cover) kayu pada produk Chitose, namun panelnya adalah kayu olahan seperti bubur kertas MDF, dan partikel kayu sebagai bahan panel, atau playwood.

“Jadi, bagian dalam bisa dari bahan apa saja, seperti partikel kayu atau bubur kayu, bisa juga metal dan melamin, tetapi covernya ditempel kertas model kayu, jadi kelihatan seperti kayu. Ini di Jepang sudah jadi tren,” kata Timotius.

Oleh karena nilai jual yang tinggi, lanjut dia, maka wood base ini akan difokuskan untuk pasar upper category konsumen. Saat ini, Chitose mulai menyasar konsumen di middle category, setelah menguasai bottom category.

Wood base ada unsur natural. Jadi dia tidak mengubah interior rumah. Ini yang membuat nilai jualnya tinggi,” ujarnya.

‎Sejauh ini, produk Chitose lebih dikenal berbasis business line manufacturing dan product lines steel chair furnitures yang memproduksi lebih dari 1 juta kursi setiap tahun untuk pasar domestik dan internasional. Salah satu produk terlarisnya adalah kursi lipat Yamato yang berkonstruksi pipa dan pelat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper