Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Perdana Ke Banyuwangi, Load Factor Garuda Capai 80%

Maskpai penerbangan Garuda Indonesia yang tengah eksis membuka rute-rute pendek ke kawasan timur Indonesia mulai menerbangkan pesawat jenis ATR 72-600 dari Surabaya tujuan Banyuwangi pada 1 Mei 2014.
Aksesibilitas kini sangat mudah, sehingga investor dan wisatawan bisa lebih banyak masuk ke Banyuwangi. /bisnis.com
Aksesibilitas kini sangat mudah, sehingga investor dan wisatawan bisa lebih banyak masuk ke Banyuwangi. /bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Maskpai penerbangan Garuda Indonesia yang tengah eksis membuka rute-rute pendek ke kawasan timur Indonesia mulai menerbangkan pesawat jenis ATR 72-600 dari Surabaya tujuan Banyuwangi pada 1 Mei 2014.

Dalam penerbangan perdana itu, load factor atau faktor muat pesawat Garuda mencapai lebih dari 80%. Dari kapasitas total 70 seat, telah terisi 65 penumpang.

Vice President Domestic Region III Garuda Indonesia Ari Suryanta mengatakan tercapainya target load factor hingga 80% lebih itu menunjukan minat masyarakat terhadap transportasi udara jarak pendek sangat tinggi. Apalagi, belum banyak transportasi cepat yang menuju daerah tersebut.

"Potensi trafik ini cukup besar, karena memang belum banyak penerbangan menuju Banyuwangi, dan waktu tempuh via pesawat jelas lebih unggul dibanding moda transportasi lainnya," katanya dalam Inaugural Garuda Surabaya-Banyuwangi, di Bandara Juanda Surabaya, Kamis (1/5/2014).

Ari menambahkan penerbangan menuju Banyuwangi diyakini bisa meningkatkan perekonomian di daerah, terutama bandara-bandara kecil yang terhubung dengan Banyuwangi dan Denpasar seperti wilayah NTT.

Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi menjelaskan penerbangan tersebut akan melayani rute Denpasar-Banyuwangi-Surabaya-Banyuwangi-Denpasar-Labuan Bajo.

"Rute bisa saja berubah, kalau potensinya baik, ya tentu akan diperluas. Tahun ini kami memang akan banyak mendatangkan pesawat baru untuk memperkuat posisi Garuda baik di nasional maupun daerah-daerah," katanya.

Rute penerbangan Surabaya-Banyuwangi masih melayani sekali sehari pada tahap awal. Jadwal akan ditambah seiring dengan respon pasar yang tengah dijajaki Garuda Indonesia.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan masuknya maskpai Garuda Indonesia diharapkan bisa menggerakkan ekonomi Banyuwangi. Kehadiran Garuda, katanya, bisa menambah pilihan jadwal terbang ke Banyuwangi setelah sebelumnya sudah ada Wings Air yang menggarap rute Surabaya-Banyuwangi tiap hari sejak 2012.

”Aksesibilitas kini sangat mudah, sehingga investor dan wisatawan bisa lebih banyak masuk ke Banyuwangi. Semoga kehadiran Garuda bisa mengakselerasikan pergerakan ekonomi di daerah kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper