Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Syarat Bangun Infrastruktur di Indonesia Versi ARB

Aburizal Bakrie berpendapat harus ada empat syarat yang diperlukan untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur di Indonesia.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 30 April 2014  |  18:30 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie - JIBI
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Aburizal Bakrie berpendapat harus ada empat syarat yang diperlukan untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Aburizal, yang juga dikenal sebagai ARB, mengatakan,  pertama  Indonesia harus memiliki pemimpin yang memiliki visi ke depan untuk mengimplementasikan segala rencana pembangunan yang ada.

“Kita punya MP3EI. Tapi apakah bisa dilaksanakan? Jangan sampai rencana begitu hebat cuma berujung pada tumpukan kertas,” katanya dalam acara Indonesia Green Infrastructure Summit (IGIS) 2014, Rabu (30/4/2014).

Kedua, kemampuan dan pengalaman bisnis. Hal ini  diperlukan untuk dapat menentukan kebijakan yang diambil jika terjadi selisih pendapat mengenai proyek.

Sehingga dalam praktiknya, pemerintah memiliki keberanian dalam bertindak. Pemimpin diharapkan tidak lembek dalam menyikapi penentang proyek infrastruktur.

“Katakan  ada dua  rumah yang tidak mau dibebaskan untuk pembangunan jalan tol, kemudian pemerintah menyetop pembangunannya. Jangan sampai itu terjadi,” papar ARB.

Ketiga,  cara pemerintah berkomunikasi dengan parlemen untuk menyetujui pembangunan infrastruktur. “Kita mau bangun besar-besaran, green inrastruktur misalya, kalau tanpa peretujuan DPR tidak bakal bisa,” urainya.

Keempat ialah rakyat. Bagaimana pemimpin mempersuasi dan meyakinkan masyrakat di daerah. Pasalnya, ujar ARB, dalam pemaparan proyek, tidak mungkin semua masyarakat langsung menyetujui.

“Kita tidak bisa kemana-kemana, kalau kita tidak punya kemampuan meyakinkan rakyat,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top